Minggu, 28 April 2024
Perguruan Tinggi

UNM Sambut 11.950 Mahasiswa Baru Tahun 2023

Rektor Universitas Negeri Makassar, Prof Dr Ir Husain Syam, MTP, ASEAN Eng mengukuhkan 11.950 mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024.

Pengukuhan mahasiswa baru dilakukan dalam rapat senat UNM Makassar di Pelataran Pinisi, Senin (14/8). Rapat senat dihadiri para wakil rektor, para dekan, dan ketua lembaga lingkup Universitas Negeri Makassar.

Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan UNM, Prof Dr Andi Muhammad Idkhan melaporkan prosesi penyambutan mahasiswa baru UNM dibagi dua sesi.

Kegiatan PKKMB tahun ini terasa spesial karena dihadiri langsung Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Arif Budimanta sekaligus meberikan kuliah umum kepada para mahasiswa baru. Selain itu komisaris Bank Mandiri ini membawakan materi di hadapan ribuan mahasiswa baru.

Sementara itu untuk sesi kedua dihadiri Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Selatan Brigjen Pol. Drs. Guruh Ahmad Fadiyanto,MH yang juga meberikan kuliah umum kepada para mahasiswa baru.

Pengukuhan mahasiswa baru UNM ditandai dengan pemasangan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa dari semua fakultas yang ada.

Prof Husain Syam mengatakan jumlah mahasiswa baru yang diterima UNM tahun ini berjumlah 11.950 orang. Jumlah ini berasal dari empat mekanisme penerimaan mahasiswa baru.

Mulai dari jalur undangan, seleksi bersama melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), jalur mandiri dan program Afirmasi Pendidikan (Adik) dari Papua.

“Selamat datang anak-anakku mahasiswa baru UNM. Selamat bergabung di kampus UNM,” kata Prof Husain.

“Total peminat di UNM mencapai 53 ribu orang. Yang lolos seleksi hanya 11.950 orang atau 21 persen dari total pendaftar,” kata Prof Husain.

Lebih lanjut Prof Husain berharap agar para mahasiswa bisa berporses dengan baik dengan mengedepankan sikap ilmiah dan etika sesuai dengan nilai Pancasila.

“Berpikir ilmiah dan bersikap dan bertindak sesuai dengan pancasila sebagai dasar negara,” harapnya. 

Sesi pertama pagi ini untuk empat fakultas yakni Fakultas Teknik, Fakultas MIPA, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, dan Fakultas Seni dan Desain.

Selebihnya sesi dua siang nanti untuk lima fakultas. Kelima fakultas itu adalah Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Fakultas Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.