Rabu, 26 Juni 2024
Sekolah Menengah Atas

SMAIT Abu Bakar Yogyakarta Desiminasikan Praktik Baik dalam Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka

SMAIT Abu Bakar Yogyakarta Desiminasikan Praktik Baik dalam Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka

Yogyakarta, 12 Juni 2024 –SMAIT Abu Bakar Yogyakarta, sebagai salah satu sekolah penggerak di kota Yogyakarta, diberikan kesempatan untuk mendesiminasikan dan berbagi praktik baik pada Workshop Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru SMA di Kota Yogyakarta dan diselenggarakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bekerja sama dengan Balai Pendidikan Menengah Kota Yogyakarta.

Workshop ini dihadiri oleh kepala sekolah dan satu perwakilan guru dari setiap SMA di Kota Yogyakarta. Para narasumber dalam kegiatan ini berasal dari sekolah-sekolah penggerak yang ada di Kota Yogyakarta, termasuk SMAIT Abu Bakar Yogyakarta yang diwakili oleh Ustz. Nur Khasanah, M.Ag. dan Ustz. Kurnia Fermani Hidayah, S.Si., M.Pd., selaku kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Mereka menyampaikan materi mengenai Pembelajaran Berdiferensiasi.

Materi Pembelajaran Berdiferensiasi yang dipresentasikan oleh Ustz. Nur Khasanah dan Ustz. Kurnia Fermani Hidayah berhasil menarik perhatian peserta workshop. Para peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi dan terlibat aktif dalam diskusi yang terjalin selama sesi ini. Diskusi yang interaktif ini menjadi bukti bahwa topik yang diangkat sangat relevan dan bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah.

Ustz. Nur Khasanah menyampaikan, “Pembelajaran berdiferensiasi sangat penting untuk diterapkan guna memenuhi kebutuhan belajar setiap siswa yang berbeda-beda. Dengan pendekatan ini, diharapkan semua siswa dapat mencapai potensi maksimal mereka.” Hal senada diungkapkan oleh Ustz. Kurnia Fermani Hidayah yang menambahkan bahwa, “Guru harus mampu mengidentifikasi kebutuhan individual siswa dan merancang strategi pembelajaran yang sesuai. Ini adalah bagian dari komitmen kami dalam mendukung Kurikulum Merdeka.”

Acara ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan wawasan baru bagi para guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di sekolah masing-masing. Kerjasama antara FMIPA UNY dan Balai Pendidikan Menengah Kota Yogyakarta diharapkan terus berlanjut untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Kota Yogyakarta.