Selasa, 18 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Perkuat Kemitraan Internasional, UM Hadiri Kegiatan Top Scientist Seminar

Perkuat Kemitraan Internasional, UM Hadiri Kegiatan Top Scientist Seminar
image_pdf
Perwakilan UM Nohan Arum Romadlona, M.K.M. (lima dari kiri) dan Dr. Muh. Ade Artasasta, S. Si (enam dari kiri) bersama Akademisi LPRU siap berkolaborasi tingkatkan kualitas program pendidikan dan riset

Pada 28-30 Mei 2024 delegasi Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan kegiatan Top Scientist Seminar di Faculty of Science Lampang Rajabhat University (LPRU) dan Faculty of Science and Technology Chiang Rai Rajabhat University (CRRU), Thailand Utara. Top Scientist Seminar merupakan salah satu wadah bertukar gagasan akademik dan penguatan kerjasama internasional yang didukung oleh program WCU Equity. Kegiatan Top Scientist Seminar tersebut dihadiri oleh Dekan, jajaran Wakil Dekan dan perwakilan dosen dari kedua universitas tersebut. 

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Muh. Ade Artasasta, S. Si, Dosen Departemen Bioteknologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) UM membawakan hasil penelitian dengan judul ‘Antimalarial from natural product: from plant to endophytic fungus’. Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi hasil studi berjudul ‘Investigating the relationship between family planning and maternal mortality in Indonesia’ oleh Nohan Arum Romadlona, M.K.M., Dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) UM. Agenda Top Scientist dilanjutkan dengan potential collaborative discussion yang dipimpin oleh Prof. Dr. Sentot Kusairi, S. Pd., M.Si, Wakil Dekan III FMIPA UM.

Kegiatan diskusi ini berjalan dengan lancar sehingga membuka kesempatan kerjasama antara FMIPA UM dan Faculty of Science LPRU. Beberapa hal yang dapat ditindaklanjuti adalah mengenai ketertarikan mitra dengan riset bidang keilmuan matematika, program student mobility dengan mengusung konsep science dan community engagement, melanjutkan program SEA Teacher/praktik mengajar serta riset pada bidang lainnya. Kami lampirkan daftar delegasi yang hadir agar dapat ditindaklanjuti khususnya bagi Fakultas MIPA, Departemen IKM, maupun bidang keilmuan lain yang sesuai.

Masih dalam rangkaian kegiatan yang sama, delegasi UM juga mengunjungi Mae Fah Luang University (MFU). MFU merupakan salah satu universitas potensial yang dapat menjadi mitra kerjasama UM. Kampus luar negeri yang cukup baru (25 tahun) tersebut memiliki perkembangan yang pesat, menjadi universitas pertama di Thailand yang sepenuhnya menggunakan penutur bahasa Inggris, mayoritas dosen asing termasuk Indonesia, sebagai leading university dalam hal kesehatan, MFU memiliki jurusan cosmetic science, melakukan pengembangan dan hak paten produk kecantikan yang dijual secara umum. 

Rangkaian kegiatan Top Scientist Seminar ini diharapkan mampu memperkenalkan UM secara global melalui kegiatan sharing knowledge dan membuka kesempatan untuk implementasi kerjasama yang lebih luas dengan universitas mitra.

Pewarta: Nohan Arum Romadlona, M. K. M. – Dosen S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM