Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Beasiswa KIP-Kuliah Antarkan Mahasiswa DKV UM Ini Raih Prestasi Gemilang di Ajang Nasional

Beasiswa KIP-Kuliah Antarkan Mahasiswa DKV UM Ini Raih Prestasi Gemilang di Ajang Nasional
image_pdf
Laila Syafaatus Zahra, Mahasiswa S1 DKV Universitas Negeri Malang yang berhasil lolos pendanaan PKM menuju PIMNAS ke-36

Laila Syafaatus Zahra atau yang akrab disapa Laila ini merupakan Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) angkatan 2021 yang sedang menempuh kuliah pada program studi (prodi) S1 Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Sastra (FS). Sang Ayah yang bekerja menjadi pedagang dan Ibunya sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT), membuat Laila ingin melanjutkan belajar ke jenjang pendidikan tinggi. Disaat itu, Laila memiliki impian untuk bisa mendapatkan beasiswa dengan maksud untuk membantu meringankan kondisi perekonomian orang tua. Berangkat dari usaha dan doa, pada saat diterima masuk ke UM Laila menjadi salah satu mahasiswa baru yang mendapatkan beasiswa Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-Kuliah). 

“Alhamdulillah, saya sangat senang sekali karena saya mendapatkan beasiswa KIP-Kuliah. Saya bersyukur karena dengan KIP-Kuliah, saya dapat melanjutkan sekolah ke pendidikan tinggi dan meringankan kondisi perekonomian orang tua,” tutur Laila. 

Laila sangat terbantu dengan memperoleh beasiswa KIP-Kuliah. “KIP-Kuliah sangat membantu saya mulai dari biaya operasional kuliah hingga uang saku. Dengan adanya program ini saya dapat fokus menjalani kuliah di universitas yang saya inginkan tanpa terhambat biaya,” paparnya. 

Mahasiswa kelahiran Jember ini memilih kuliah di UM disebabkan adanya prodi DKV yang menurutnya bagus. “Saya memilih untuk berkuliah di UM adalah karena saya melihat adanya jurusan yang saya inginkan yaitu DKV dan akreditasinya sudah sangat baik. Selain itu, saya merasa Kota Malang juga tidak terlalu jauh dari kota asal saya yaitu Jember, tuturnya. 

Kesempatan mendapatkan beasiswa KIP-Kuliah di UM ini dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Laila.  Berangkat dari motto hidupnya yaitu “Lakukan yang terbaik karena kesempatan tak datang dua kali”, Laila aktif mengikuti berbagai ajang perlombaan hingga menorehkan prestasi di kancah nasional.  Salah satunya yaitu, dia mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa- Kewirausahaan (PKM-K) dan berhasil lolos menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) di Universitas Padjadjaran. 

Laila juga berhasil meraih juara 1 pada kompetisi Young Entrepreneurs Creative Competition yang diadakan oleh UM. Tak berhenti disitu, dia bersama rekannya juga berhasil meraih juara 1 kategori kecantikan pada Lomba Inovasi Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (LIKMI) yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). 

Raihan prestasi yang dimilikinya tentu saja tidak berasal hanya dari dirinya sendiri melainkan juga berkat dukungan dari orang-orang disekitarnya. Menurut Laila, orang yang paling mendukungnya ialah kedua orang tua. “Motivator terbesar dalam hidup saya yang pasti ya kedua orang tua saya karena mereka adalah orang yang selalu mendukung apapun keinginan dan keputusan yang saya pilih,” papar Laila.

Selama menjalani kegiatan perkuliahan dan kegiatan diluar perkuliahan, Laila mengaku tidak lepas dari sebuah tantangan. Salah satu tantangan yang harus dia hadapi yaitu ketika berada dalam kondisi dimana dia dibutuhkan pada lebih dari satu kegiatan pada waktu yang bersamaan. “Tantangan terberat adalah ketika tugas kuliah sedang menumpuk, tetapi ada pula kegiatan diluar perkuliahan yang harus dikerjakan. Apalagi jika kegiatan tersebut sudah diamanahkan kepada saya, sehingga mau tidak mau saya harus mengerjakan keduanya dengan baik agar hasilnya tidak mengecewakan,” ujar Laila. 

Sebagai mahasiswa penerima beasiswa KIP-Kuliah, Laila menyampaikan pesannya untuk seluruh mahasiswa utamanya kepada mahasiswa sesama penerima KIP-Kuliah. “Teruslah berusaha, yakin pada diri sendiri bahwa kita bisa melakukan apapun yang kita inginkan,” pesannya. Selain itu, Laila juga menyampaikan harapannya bagi mahasiswa KIP-Kuliah. “Semoga dengan adanya beasiswa KIP-Kuliah ini dapat mendorong kita untuk berdedikasi kepada UM dengan usaha yang terbaik dan mampu meraih segala prestasi dan cita-cita yang kita inginkan,” tutur Laila. 

Pewarta: Rimala Maulina – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM