Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Dorong Kreativitas dan Solidaritas: PPG Prajab 1 Tahun 2023 UM Gelar Kegiatan Pramuka

Dorong Kreativitas dan Solidaritas: PPG Prajab 1 Tahun 2023 UM Gelar Kegiatan Pramuka
image_pdf
Wakil Direktur SPs, Prof. Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag. memimpin amanat upacara Kegiatan Pramuka PPG Prajab 1 Tahun 2023 Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang (UM) pada Senin (10/06) resmi mengadakan kegiatan Pramuka PPG Prajab 1 Tahun 2023 di Pangkalan Angkatan Laut Malang. Acara yang berlangsung dengan meriah tersebut dihadiri oleh Ketua Kwarcab Pramuka Kota Malang, Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana (SPs) UM dan jajaran pimpinan SPs UM lainnya serta mahasiswa PPG Prajab 1 Tahun 2023.

Peserta Kegiatan Pramuka PPG Prajab 1 Tahun 2023 sejumlah 1.182 mahasiswa, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan besar dalam agenda Pramuka yang diselenggarakan oleh UM tahun ini. Dengan semangat dan antusias, para peserta menyambut pembukaan kegiatan ini oleh Wakil Direktur SPs, Prof. Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag. Beliau sekaligus menjadi pembina upacara dalam kegiatan ini.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag. membahas juga tentang lulusan PPG setelah mengikuti kegiatan ini. “Lulusan PPG yang mengikuti kegiatan Pramuka ini akan diangkat menjadi P3, itulah mengapa selama beberapa hari kedepan peserta akan mengikuti kegiatan kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar KMD dan kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan KML”, ujar beliau.

Ketua Kwarcab Pramuka Kota, Heri Sunarko, M.Si, juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta dan panitia yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan Kegiatan Pramuka ini. “Semoga kegiatan ini dapat memberikan pengalaman berharga dan meningkatkan semangat kebangsaan di kalangan generasi muda,” ujar Heri.

Pada Kegiatan Pramuka PPG Prajab 1 Tahun 2023 ini peserta akan mendapatkan ilmu, pengalaman dan keterampilan pramuka, baik secara individu maupun kelompok. Setiap ilmu dan keterampilan tersebut akan dipraktikkan oleh peserta, sehingga kegiatan pramuka ini tidak hanya menonjolkan kreativitas individu tetapi juga solidaritas kerja sama tim yang dilakukan selama dua hari penuh (10-11/06). Selain itu, kegiatan peserta secara keseluruhan mencakup waktu istirahat, shalat dan makan (ishoma), kemudian ada senam pagi, apel dan post test. Setiap sesi kegiatan dirancang dengan baik untuk memastikan peserta mendapatkan pengalaman yang bermanfaat sekaligus menyenangkan.

Kegiatan Pramuka PPG Prajab 1 Tahun 2023 ini berakhir pada Selasa 11 Juni 2024. Diharapkan para peserta mampu menerapkan ilmu dan pengalaman yang telah didapatkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan semangat terhadap kegiatan-kegiatan Pramuka lainnya di masa mendatang.

Pewarta: Evania Yafie, S.Pd., M.Pd., Ph.D – Dosen S1 Pendidikan Guru PAUD FIP UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM