Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Direktorat Inovasi UM unjuk Produk Inovasi pada ajang ISPE 2024

Direktorat Inovasi UM unjuk Produk Inovasi pada ajang ISPE 2024
image_pdf

Direktorat Inovasi Universitas Negeri Malang (UM) mengikuti ajang International Science and Production Exhibition (ISPE) 2024 yang diselenggarakan pada 11-12 Juni 2024 di SMESCO Indonesia Jakarta. Keikutsertaan dalam ajang ini adalah guna mempromosikan berbagai inovasi produk dan jasa dari hasil karya sivitas akademika UM. Hal ini merupakan bentuk upaya UM agar produk-produk inovatif yang dihasilkan oleh akademisi UM dapat lebih dikenal oleh dunia usaha, industri, dan masyarakat luas sehingga dapat menumbuhkan minat masyarakat terhadap pemanfaatan produk inovasi tersebut. Disamping itu guna mendukung kemandirian finansial bagi UM sebagai salah satu PTNBH di Indonesia.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun jaringan dan kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan. Dalam hal ini Direktorat Inovasi UM berencana akan mengadakan kolaborasi yang meliputi sektor pemerintah, swasta, industri, organisasi non-pemerintah, serta komunitas akademik lainnya. Diharapkan, dengan adanya kolaborasi, pengembangan dan implementasi lebih lanjut dari produk-produk inovasi UM dapat dilakukan secara berkelanjutan dimasa depan.

Pada ISPE 2024 ini UM mempromosikan beberapa produk unggulan diantaranya penerangan jalan umum dengan teknologi hibrida, alat charging kendaraan listrik hingga 220 KW, alat monitor kualitas air berbasis IoT, kapal penebar pakan ikan dengan kontrol jarak jauh, sistem penerangan rumah tangga hemat energi, alat deteksi ekspresi wajah, dan simulator pendidikan (edukit) untuk berbagai ragam jurusan dan tingkat pendidikan.

Adapun target produk inovasi UM mencakup seluruh kalangan masyarakat, mulai dari tingkat pemerintah, swasta, industri, serta masyarakat umum. Dalam hal ini, strategi utama UM yaitu dengan fokus pada pola kemitraan dan penjualan langsung dalam menjaring pasar yang lebih luas.

Hasan Ismail, S.Pd, M.Sc, Ph.D., yang merupakan koordinator kegiatan pada kesempatan wawancara menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini produk-produk inovasi UM diharapkan dapat lebih dikenal dan diminati oleh masyarakat luas. “Harapan lain dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan kolaborasi dan kemitraan baru dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupunsektor swasta, yang dapat mendukung pengembangan dan implementasi produk-produk inovasi UM yang berkelanjutan, serta dapat menarik minat investor untuk berinvestasi dalam pemanfaatan, adopsi dan implementasi produk-produk inovasi UM,” ujar Dosen Departemen Teknik Mesin dan Industri ini.

Pewarta: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM