Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

UM Gelar Audiensi Bersama Pertamina Foundation dan Universitas Pertamina Menuju Penandatanganan MoU dan PKS

UM Gelar Audiensi Bersama Pertamina Foundation dan Universitas Pertamina Menuju Penandatanganan MoU dan PKS
image_pdf
Direktur Kemahasiswaan dan Alumni UM, Dr. Heny Kusdiyanti, M.Pd. (enam dari kiri) merespon positif kegiatan audiensi UM bersama Pertamina Foundation dan Universitas Pertamina

Sebagai langkah memperluas relasi dan jejaring institusi, Universitas Negeri Malang (UM) bersama Pertamina Foundation (PF) mengadakan audiensi di Gedung Pertamina Foundation, Jakarta. Dari pihak UM kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, Tim Pengembang Kemahasiswaan, Dosen Akuntansi, Tim Pengembang Kerjasama serta Kepala Seksi Kerjasama. Sedangkan dari pihak Pertamina dihadiri oleh Operation Director Pertamina Foundation, Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Pertamina dan Manager Non-Government Relations Pertamina.

Pembahasan dalam audiensi yang digelar pada Senin (03/06) pukul 10:30 WIB tersebut terkait dengan pelaksanaan penandatanganan MoU antara UM dengan Pertamina Foundation dan Universitas Pertamina. Yulius S. Bulo, selaku Operation Director Pertamina Foundation berharap dapat memperluas agen pembangunan di daerah serta meningkatkan pembinaan kegiatan matchmaking. “Sebagai agen pembangunan, kami memiliki tiga mandat utama yaitu pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan lingkungan,” ujar Yulius.

“Ketiga mandat tersebut secara progresif telah kami realisasikan, dimana dalam bidang pendidikan PF telah mendirikan Universitas Pertamina, dalam bidang pemberdayaan masyarakat PF mengembangkan inovasi sosial dan teknologi dengan merangkul karang taruna serta ibu-ibu rumah tangga untuk memberdayakan perempuan pengusaha Indonesia dan dalam bidang lingkungan kami fokus pada pengelolaan emisi dan pemberdayaan masyarakat serta pendidikan lingkungan,” tambahnya. Selain menyampaikan ketiga mandat tersebut, Yulius juga memaparkan kegiatan dari Pertamina Foundation yang rencananya akan diadakan di UM dalam waktu dekat ini, yaitu SAPA KAMPUS. 

Kegiatan SAPA KAMPUS adalah salah satu bentuk kerjasama Pertamina Foundation dengan Perguruan Tinggi yang sudah menjalin kerjasama sebelumnya. Dalam kesempatan ini, UM dapat langsung mengimplementasikan kegiatan kerjasama ini salah satunya dengan mengadakan Kuliah Tamu bersama Direktur Pertamina Foundation dan Direktorat Inovasi UM.

Kegiatan tersebut nantinya dilanjutkan dengan seremonial penandatanganan naskah kerjasama yang meliputi MoU UM dengan Universitas Pertamina dan Pertamina Foundation; PKS masing-masing Fakultas dan Sekolah Pascasarjana UM dengan Pertamina Foundation dan PKS Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni dengan Pertamina Foundation. Dalam hal ini Direktur Kemahasiswaan dan alumni Universitas Pertamina ingin mengajak kerjasama dengan UM melalui pusat unggulan IPTEK, join research, maupun pertukaran dosen.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan dan Alumni UM, Dr. Heny Kusdiyanti, M.Pd. merespon dengan baik terhadap pembahasan audiensi ini. Beliau ingin kegiatan SAPA KAMPUS agar segera dilaksanakan di kampus UM. Kedepannya dengan kegiatan ini UM dapat memanfaatkan CSR Pertamina melalui keaktifan mahasiswa, dosen, maupun tendik untuk mengikuti program-program yang dikembangkan oleh Pertamina Foundation,”. 

“Selain itu, kedepannya program kegiatan yang dapat dikolaborasikan antara UM dengan Pertamina Foundation meliputi campus hiring, magang MBKM, beasiswa S2 dan S3, pusat unggulan IPTEK, riset terkait sustainability/renewable energy, program sosial dan kewirausahaan, pertukaran dosen serta program sosial Pertamina Foundation,” ujar Dr. Heny dengan antusias.

Pewarta: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM