Rabu, 26 Juni 2024
Sekolah Menengah Atas

Wisuda 2024: Akhlak Mulia, Prestasi Mendunia

Wisuda 2024: Akhlak Mulia, Prestasi Mendunia

Senyum merekah tampak terlihat dari para siswa SMAIT Abu Bakar Yogyakarta yang akan diwisuda hari itu. Sabtu, 11 Mei 2024 SMAIT Abu Bakar Yogyakarta menyelenggarakan wisuda kelulusan siswa angkatan ke-21. Tepat pukul 07.30 WIB, pimpinan sekolah dan wali kelas diikuti wisudawan dan wisudawati Angkatan ke-21 memasuki Gedung wisuda untuk memulai prosesi wisuda. Seluruh hadirin berdiri dalam haru, menyambut para wisudawan wisudawati.

Agenda wisuda diawali dengan pembukaan dan pembacaan ayat suci Al Qur’an, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars SMAIT Abu Bakar Yogyakarta, dan Mars JSIT.

Selanjutnya, hadirin menyimak sambutan yang disampaikan oleh Ustadzah Nur Khasanah M.Ag selaku kepala SMAIT Abu Bakar Yogyakarta, Ustadz DR. Akhsanul Fuadi selaku ketua JSIT wilayah DIY, Ustadz Drs. H. Masruri selaku Ketua Yayasan Pendidikan Islam Abu Bakar Yogyakarta, dan yang terakhir adalah sambutan pengawas pendidikan SMA Kota Yogyakarta,

Dinas Pendidikan dan Olahraga Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Ibu DR. Reni Herawati, M.Pd. B.I. Usai sambutan, acara disemarakkan dengan hiburan tari Ratoe Jaroh persembahan siswa program takhasus .

Acara selanjutnya adalah prosesi wisuda dipimpin oleh Ustadz Faiz Al Hasan, S. Si dan Ustadz Isnaeni Abdul Azzam, S. Pd.I. Suasana hening penuh haru. Siswa dipanggil satu persatu untuk menerima surat kelulusan.

Selain penyerahan surat kelulusan, dalam rangkaian wisuda tersebut sekolah yang diwakili oleh Ustadzah Kurnia Fermani Hidayah, S.Si., M.Pd selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum juga memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi. Siswa berprestasi tersebut meliputi siswa hafal 30 juz, siswa teladan putra, siswa teladan putri fullday dan boarding, siswa dengan nilai akademik terbaik IPA dan IPS, serta tiga siswa dengan nilai TOEFL tertinggi. Siswa siswi tersebut adalah sebagai berikut.

Siswa yang berhasil menyelesaikan hafalan 30 juz ada 17 siswa, yaitu:

    1. Iffah Kamilah Abdul Rahman XII IPA 4,
    2. ⁠Arifa Fitra Salima XII IPA 4,
    3. ⁠Nisrina Salsabila Rafi XII IPA 4,
    4. ⁠Nayla Syaakira Yusuf XII IPA 4,
    5. ⁠Inatsan Hauna XII IPA 4,
    6. Alifia Salma assajida XII IPA 4,
    7. ⁠Najwa Salsabila Machali XII IPA 4,
    8. ⁠Ryantinisa Guzelazkia XII IPA 4,
    9. ⁠Hanum Nur Sakinah XII IPA 4,
    10. ⁠Shabrina Annajah XII IPA 4,
    11. ⁠Annisa Cahya Harum Putri Purwanto XII IPA 4,
    12. ⁠Hilya Aulia XII IPA 4,
    13. ⁠Putri Zhafira Isnaeni XII IPA 4,
    14. ⁠Adzkia Dzikro Qaulan Sadida XII IPA 4,
    15. ⁠Arifah Ghina Fathiyyah XII IPA 4,
    16. ⁠Baiq Alifa Zalfa XII IPA 4, dan
    17. ⁠Sarah Anindita Putri XII IPA 4.

 

Siswa teladan putra fullday school, Faris Muhammad Mada Dziban kelas XII IPA 1. Siswa teladan putri fullday school, Aurora Nurbaiti Ahsan kelas XII IPS 2. Siswa dengan nilai akademik terbaik program IPA; Ryantinisa Guzel Azkia kelas XII IPA 4 dengan nilai rata-rata 93,04. Siswa dengan nilai akademik terbaik program ⁠IPS : Zahranayla Ainun Mulya kelas XII IPS 2 dengan nilai rata-rata 91,76. Siswa teladan program boarding regular, Haura Khiara Athanasywa kelas XII IPA 3. Siswa teladan program boarding takhassus, Ryantinisa Guzelazkia kelas XII IPA 4. Dan Siswa dengan nilai TOEFL tertinggi;

  1. Talitha Aura Nareswari – XII IPA 2 (skor 587),
  2. ⁠Queen Reva Labibah – XII IPA 3 (skor 563), dan
  3. ⁠Zahranayla Ainun Mulya – XII IPS 2 (skor 553).

Pemberian penghargaan tersebut merupakan bentuk syukur dan sejalan dengan visi sekolah dalam melahirkan pemimpin yang berakhlak mulia dan berwawasan global. Hal ini juga disinggung oleh Ustadzah Nur dalam sambutannya, bahwa SMAIT Abu Bakar Yogyakarta akan selalu berusaha untuk mencetak pemimpin-pemimpin terbaik untuk masa depan, pemimpin yang berakhlak mulia dengan prestasi mendunia. Maka pemberian penghargaan tersebut sangat layak sebagai bentuk apresiasi siswa yang telah berprestasi baik bidang kognitif maupun akhlak mulia.

Selain itu, Ibu DR. Reni Herawati menyampaikan dalam sambutannya bahwa misi sekolah yang tertuang dalam mars JSIT sangat sejalan dengan tujuan kurikulum Merdeka. Maka beliau berharap, SMAIT Abu Bakar Yogyakarta dapat terus berkembang, melahirkan lulusan terbaik calon pemimpin bangsa yang berjiwa Pancasila.

Di akhir acara, dilaksanakan serah terima siswa secara simbolis dari sekolah kembali kepada orang tua. Bapak Rojikin S.Pd selaku wakil dari orang tua siswa mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada SMAIT Abu Bakar Yogyakarta yang telah dengan sungguh-sungguh memberikan pendidikan terbaik dalam rangka membina siswa menjadi pemuda berprestasi dan berakhlak mulia. Beliau juga sangat bersyukur dan berterimakasih pada sekolah yang telah mengantarkan putri beliau khususnya, menjadi seorang hafidzah.

Agenda wisuda berjalan dengan lancar atas dukungan dan kerjasama berbagai pihak terutama panitia, siswa-siswi, wali murid serta masyarakat sekitar. Semoga SMAIT Abu Bakar Yogyakarta mampu untuk terus berbenah dan berkembang, mencetak generasi berakhlak mulia dengan prestasi mendunia.