Rabu, 03 Juli 2024
Perguruan Tinggi

KKN UAD Adakan Sosialisasi Parenting di Kampung Jatimulyo

KKN UAD Adakan Sosialisasi Parenting di Kampung Jatimulyo

KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adakan sosialisasi parenting di Kampung Jatimulyo (Dok. Istimewa)

Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif Unit II.A.3 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan sosialisasi parenting yang ditujukan untuk warga Kampung Jatimulyo, Kelurahan Kricak, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta. Kegiatan dilaksanakan di Balai RW 04 pada Sabtu (22-6-2024).

Melihat kondisi saat ini, yakni saat anak-anak maupun remaja mudah terpengaruh dengan pergaulan bebas, sehingga edukasi parenting sangat diperlukan. Oleh karena itu, para mahasiswa berinisiatif mengadakan sosialisasi yang bertajuk “Mempersiapkan Anak Menjadi Pribadi Mandiri dan Bertanggung Jawab”.

Acara ini menghadirkan salah satu mahasiswa magister UAD dari Program Studi Psikologi sebagai narasumber penting. Dalam pemaparannya, ia menekankan pentingnya pola asuh yang konsisten, penuh kasih sayang, serta memperbanyak apresiasi kepada anak sehingga tumbuh kepribadian anak yang mandiri dan bertanggung jawab.

“Perlu adanya pendampingan, pola asuh, dan apresiasi dari para orang tua yang diberikan kepada anak secara konsisten. Sehingga hal ini akan menjadikan karakteristik serta kepribadian anak secara bertahap menjadi lebih bertanggung jawab dan mandiri,” ucapnya.

Narasumber juga memberikan berbagai tips bermanfaat yang dapat diterapkan para orang tua dalam mendidik anak sesuai dengan usia perkembangannya. Saat kegiatan dimulai, terlihat para warga sangat antusias dengan adanya sosialisasi yang diadakan oleh para mahasiswa. Apalagi tema yang diusung sangat sesuai dengan kondisi saat ini, kata salah satu warga setempat.

Sesi diskusi interaktif menjadi momen yang paling dinantikan oleh para peserta. Sejumlah warga dengan aktif mengajukan pertanyaan dan berbagi pengalaman mereka dalam mendidik anak. Salah seorang peserta, Sujatmi, mengungkapkan kesannya setelah mengikuti sosialisasi ini.

“Materi yang disampaikan oleh narasumber sangat menarik, begitu pun dengan cara penyampaiannya. Berbagai tips yang diberikan juga sangat relevan dan bermanfaat,” ujarnya.

Ketua pelaksana sosialisasi, Elsa Tania, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada warga yang telah berpartisipasi aktif dalam sosialisasi ini. “Kami berharap apa yang telah disampaikan oleh narasumber dapat bermanfaat serta diterapkan oleh para orang tua. Tujuan kami adalah membantu para orang tua dalam membentuk kepribadian anaknya menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab,” paparnya.

Elsa juga mengungkapkan, dengan adanya kegiatan ini semoga bisa menjadikan pemahaman yang positif kepada seluruh pihak, baik dari orang tua maupun anak-anak. “Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para orang tua tentang pentingnya mendidik anak dengan pola asuh yang tepat, sehingga anak-anak mereka dapat tumbuh menjadi generasi yang mandiri dan bertanggung jawab,” tandasnya. (can)

uad.ac.id