Rabu, 26 Juni 2024
Sekolah Menengah Pertama

“Mewujudkan Saintis Muda yang Islami”

“Mewujudkan Saintis Muda yang Islami”

Yogyakarta, 26 Mei 2024 – MTs Muhammadiyah Karangkajen sukses menyelenggarakan kegiatan Science Camp pada tanggal 24-25 Mei 2024. Acara yang berlangsung di Unit 2 madrasah ini diikuti oleh 30 siswa kelas unggulan akademik 7A, didampingi oleh 5 guru dan 2 tenaga kependidikan.

Dengan tema “Mewujudkan Saintis Muda yang Islami”, kegiatan ini bertujuan untuk mengukuhkan dan meningkatkan kompetensi pengetahuan serta sosial siswa. Kegiatan dibuka oleh Kepala Madrasah, Bapak Badrudin ARK, S.Ag, MSI, dan dipandu oleh Ibu Mya Rusmiyati, M.Pd. Setelah pembukaan, siswa melaksanakan sholat ashar berjamaah yang dipimpin oleh Bapak Nurdin Hamzah, S.Pd.I.

Acara dilanjutkan dengan sesi pertama, “Roket Air”, yang dibimbing oleh Bapak Bahroni Nur Susilo, S.Pd., S.I dan Ibu Restuning Utami, S.Pd. Dalam sesi ini, siswa dibagi menjadi lima kelompok untuk membuat roket air dari botol bekas. Peluncuran roket dilakukan di halaman madrasah dengan tantangan menargetkan bendera putih.

Setelah ishoma, acara dilanjutkan dengan “Fun Math” yang dibersamai oleh Ibu Nofrita, S.Pd., M.Pd. Sesi ini bertujuan untuk mengubah paradigma bahwa matematika adalah ilmu yang menyenangkan dan berguna dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian, Bapak Yusuf Wibisono, S.Ei., S.Ars., M.S.I, memberikan materi “Sains dan Agama”, menekankan pentingnya integrasi antara ilmu pengetahuan dan agama.

Malam harinya, peserta didik mengikuti “Night Journey” yang menguji pemahaman mereka terhadap materi yang telah diajarkan melalui pos-pos tugas di sekitar madrasah. Kegiatan ini diakhiri dengan renungan malam untuk muhasabah diri.

Keesokan harinya, setelah qiyamul lail dan sholat subuh berjamaah, peserta didik melaksanakan kebersihan kamar dan senam pagi yang dipimpin oleh perwakilan siswa. Kegiatan ditutup dengan penyampaian pengumuman oleh panitia pada pukul 06.20 WIB di masjid An Nur.

Science Camp ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan siswa, tetapi juga membangun karakter Islami yang kuat. Dengan semangat dan antusiasme tinggi, peserta didik diharapkan dapat menjadi saintis muda yang berakhlak mulia dan siap menghadapi tantangan di masa depan.
Oleh: Eka Supriatna, S.Pd.I