Sabtu, 29 Juni 2024
Sekolah Menengah Pertama

MTs Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta Gelar Penyembelihan Hewan Qurban 1445H

MTs Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta Gelar Penyembelihan Hewan Qurban 1445H

Oleh: Eka Supriatna, S.Pd.I
Yogyakarta, Selasa, 18 Juni 2024 – MTs Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta kembali mengadakan acara tahunan penyembelihan hewan qurban pada hari Selasa, 11 Djulhijjah 1445 H. Acara yang berlangsung di MTs Muhammadiyah Karangkajen unit 2 ini dimulai pukul 06.30 hingga 11.30, melibatkan seluruh guru, karyawan, serta anggota Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) sekolah tersebut.

Pada pukul 07.30, praktek penyembelihan hewan qurban dimulai dengan bantuan tukang jagal profesional serta para guru yang ahli dalam bidang tersebut. Sebanyak 3 ekor kambing dan 2 ekor sapi disembelih dalam acara ini. Setelah dipotong, daging hewan qurban diserahkan ke bagian pengelolaan untuk ditimbang sesuai takaran yang telah ditentukan.

Siswa dan wali siswa diundang ke sekolah untuk mengambil jatah daging qurban mulai pukul 10.00 hingga 11.00. Tahun ini, jumlah penerima daging qurban mencapai 389 orang yang terdiri dari siswa kelas 7 sebanyak 114 siswa, kelas 8 sebanyak 97 siswa, kelas 9 sebanyak 117 siswa, anggota IPM sebanyak 10 siswa, serta 51 orang guru dan karyawan.

Acara penyembelihan hewan qurban ini tidak hanya sebagai bentuk ibadah dan kepedulian sosial, tetapi juga menjadi momen untuk mempererat tali silaturahmi antar warga sekolah dan masyarakat sekitar. Semangat kebersamaan dan gotong royong yang ditunjukkan oleh seluruh peserta kegiatan diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda dalam menjalankan nilai-nilai kebaikan dan berbagi kepada sesama.