Jumat, 10 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

UKK DI AWAL ENDEMI

UKK DI AWAL ENDEMI
UJI KOMPETENSI KEAHLIAN (UKK) SMK MARSUDIRINI MARGANINGSIH DI MASA AWAL ENDEMI

Berdasarkan Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK, tujuan penilaian hasil belajar adalah untuk

  1. Mengetahui tingkat capaian hasil belajar/kompetensi peserta didik
  2. Mengetahui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik
  3. Mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik
  4. Mengetahui efektivitas proses pembelajaran, dan
  5. Mengetahui pencapaian kurikulum

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI. UKK dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha/industri. Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.

Di SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta, UKK tahun 2022 ini dilaksanakan secara serentak oleh ketiga Program Keahlian yang dimiliki yaitu Tata Boga, Tata Busana dan DKV. Waktu pelaksanaan dimulai pada hari Senin, 9 Mei 2022 dan akan berakhir pada hari Kamis, 12 Mei 2022. Waktu yang disediakan lumayan cukup membuat pendamping dan peserta kalang kabut, mengingat UKK dilaksanakan persis setelah libur lebaran tahun 2022 ini. Pun pula situasi masa endemi covid 19 mengakibatkan keterserapan materi agak terganggu. Semoga semuanya dapat berjalan lancar dan baik-baik saja.

Soal UKK berupa penugasan untuk membuat suatu produk sesuai tuntutan standar kompetensi. Program Keahlian Tata Boga mengambil tiga paket yakni:

  • Pengolahan dan Penyajian Masakan Kontinental
  • Pengolahan dan Penyajian Produk Pastry dan Bakery
  • Layanan Makan dan Minum

Program Keahlian Tata Busana mengambil satu paket soal yakni Pembuatan Gaun Pesta, sedangkan Program Keahlian DKV mengambil satu paket pula yakni Mendesain Kemasan Produk Makanan Daerah.

Selama UKK berlangsung, pengujian dilakukan oleh penguji internal dan eksternal. Oleh panitia UKK pada tahun 2022 mendatangkan 3 assesor untuk masing-masing program keahlian. Pelaksanaan pengujian Tata Boga secara murni bekerjasama dengan Indonesian Chef Assosciation (ICA) cabang Surakarta sedangkan Tata Busana dan DKV bekerja dengan Lembaga profesi yang memiliki assessor sesuai bidangnya. Tata Busana mendatangkan Bapak Abdul Rohman Heryadi assessor Tata Busana dari Lembaga profesi yani Akademi Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta sedangkan DKV menghadirkan Bapak Rendya Adi Kurniawan, S.Sn, M.Sn assessor DKV sekaligus dosen FSRD ISI Surakarta.

Unjuk hasil karya untuk Tata Boga dilaksanakan secara langsung saat prosesi layanan makanan dengan menghadirkan orang tua siswa, sedangkan Tata Busana dan DKV akan dilaksanakan bersamaan dengan hari pengumuman kelulusan tanggal 3 Juni 2022. Tata Busana akan melaksanakan fashion show di atas catwalk hasil karya selama UKK sedangkan DKV akan melaksanakan pameran kumpulan tugas DKV.



Monitoring Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Kelas XII
SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta 2022

Selasa, 10/05/2022- Siswa-siswi kelas XII SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta dengan penuh antusias menyiapkan diri untuk menyongsong pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) hari yang pertama. Bapak/Ibu Guru beserta Asesor juga tak kalah bersemangat, dengan senyum kebahagiaan menyaksikan para murid yang mereka didik selama 3 tahun sebentar lagi mengenyam buah kelulusan disertai keterampilan hardskill serta softskill mereka.

Hari pertama UKK tersebut menjadi ‘super istimewa’ karena SMK Marsudirini Marganingsih berkesempatan menyambut visitasi dari Ibu Dra. Ratnaningsih, M.Pd., Pengawas SMK. Kehadiran Ibu Ratna bertujuan untuk memantau/monitoring pelaksanaan UKK SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta. Pelaksanaan UKK kelas 12 di SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta baik itu pada jurusan Tata Boga, Tata Busana, dan Desain Komunikasi Visual dinilai sudah baik. Beliau memberikan apresiasi kepada sekolah karena berhasil melangsungkan UKK yang patuh pada protokol kesehatan, asesor yang dihadirkan sangat kompeten di bidangnya, dan berjalan kondusif. Ibu Ratna memberi himbauan ke depan agar hal baik yang sudah dijalankan dapat dilanjutkan, harapannya sekolah senantiasa memaksimalkan upaya membekali lulusan dengan skills yang mumpuni dan aplikatif, disertai pergerakan menuju Merdeka Belajar.

Tetap Semangat dan Percaya Diri, Sukses Selalu!
DEUS PROVIDEBIT