Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

KEMAH LITERASI JAGA BAHASA, MEMARTABATKAN BAHASA LEWAT ANAK MUDA BANGSA

KEMAH LITERASI JAGA BAHASA, MEMARTABATKAN BAHASA LEWAT ANAK MUDA BANGSA

Selasa dan Rabu, 21—22 Juni 2022 lalu, Pantai Temberanyang terletak di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, menjadi saksi bisu konkretisasi bangsa terhadap amanat UU NO. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan LambangNegara, serta Lagu Kebangsaan. Tak lain karena lewat agenda Kemah Literasi Jaga Bahasa bagi Generasi Muda Bangka yang mengangkat temaGenerasi Dahsyat, Literasi Hebat, Bahasa Bermartabat”, anak muda Bangka yang berpartisipasidiharapkan dapat mengimplementasi nilai-nilai nasionalismeterutama berkaitan dengan kebahasaan yang dibagikan kedalam kehidupan yang sesungguhnya.

Kegiatan ini dilaksanakan di bawah naungan Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung Bersama Duta Bahasa Bangka Belitung, dibantu oleh Tim Mancakrida Maras, Rio Tenda, dan Dinas Sosial untuk fasilitasi tenda panitia, PuskesmasBatu Rusa untuk tenaga medis, Pokdarwis Pantai Temberanuntuk fasilitasi tempat kegiatan, Ladhytone Music, Pemerintah Desa setempat yang telah memberikan izin, Polsek Merawang, dan penduduk setempat serta semua pihakyang tidak dapat disebutkan satu per satu selama 2 hariberturut-turut. Dihadiri oleh 18 sekolah (SMA/SMK/MA) dariPangkalpinang, Kabupaten Bangka, dan Kabupaten Bangka Tengah, peserta bersama guru pembimbing yang berpartisipasi dalam perkemahan ini tembus angka 360 orang.

Kegiatan ini dimulai sejak pagi, 21 Juni. Pantai Temberan initelah kedatangan para peserta dari berbagai sekolah denganpersiapan tenda dan peralatannya masing-masing. Setelahpembagian kavling, satu per satu pemasangan tenda mulaidilakukan. Pihak panitia juga turut turun tangan membantuproses pemasangan tenda ini. Dilanjutkan dengan ISAMA dan persiapan pembukaan, para peserta siap melaksanakanpembukaan kegiatan ‘Kemah Literasi Jaga Bahasa’ pada pukul 14.00 WIB.

Dalam pembacaan laporan kegiatan, Bapak Ferry Kristiani S.S mengungkapkan bahwa Kemah Literasi Jaga Bahasa 2022 Pantai Temberan ini merupakan kegiatan perkemahan atauluar ruangan pertama yang diadakan oleh Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung setelah seminar yang cenderungdalam ruang dan formal, dalam rangka menanamkansemangat literasi dan kecintaan terhadap Bahasa Indonesia sekaligus bersatu dengan alam. Sehingga partisipan yang hadir merupakan angkatan pertama dalam agenda Kemah Literasi Jaga Bahasa yang direncanakan akan dilanjutkanseterusnya.

Sementara itu, untuk membuka acara, Bapak Muhammad Irsan, S.S, M.Hum. selaku Kepala Kantor Bahasa ProvinsiKepulauan Bangka Belitung mengungkapkan bahwa ada 3 program utama Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yakni, literasi, internasionalisasi bahasa Indonesia, serta perlindungan bahasa dan sastra. Beliau juga menekankanbahwa ada 4 politik bahasa nasional dalam upayamemartabatkan bahasa yakni pengutamaan bahasa Indonesia, pelestarian bahasa daerah, fasilitasi bahasa asing (IPTEK) agar bahasa daerah tidak punah sebagai jati diri bangsa dan budaya, serta peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadibahasa internasional.

Kegiatan Kemah Literasi Jaga Bahasa ini juga dihadiripemateri hebat yang menyampaikan materi kebahasaan dan kepemudaan, yakni Bapak Dr.. Asyraf Suryadin, M.Pd KepalaDP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan juga sebagai Ketua Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Kep. Bangka Belitung dengan materi krusialnyaMenanamkan Karakter Bangsa Melalui Cinta Bahasa Indonesia” serta Kakak Esdras Silverius Bangun, S.H., M.Si. dari Kwarda Pramuka Babel dengan topik “Peran GenerasiMuda dalam Menjaga Eksistensi Bahasa Indonesia. Tak kalahasyik, pada malam tanggal 21 Juni ini diadakan pula diskusibersama Duta Bahasa Bangka Belitung termasuk pemenang I Duta Bahasa Babel 2022, yakni Kak Enggal Ganesa dan Kak Septa Vionna.

Tak hanya materi mengenai bahasa yang diberikan pada peserta kemah, kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkansikap cinta dan bangga akan bahasa Indonesia dan bahasadaerah ini juga memiliki serangkaian permainan yangdikemas guna mencapai tujuan tersebut. Dimulai sejak pagi22 Juni 2022, peserta dikumpulkan untuk sesi ArastamaBastra, ada pula Pandai Bahasa Daerah, Rangkai Kata, Video Reels serta Mancakrida Jaga Bahasa Bersama Tim Mancakrida Maras Babel. Hasil rangkuman pemenang lombaini diambil dalam 5 besar yang berhasil diraih oleh SMANegeri 1 PEMALI sebagai juara 1, SMA Negeri 4 Pangkalpinang sebagai juara 2, SMK Negeri 2 Pangkalpinangsebagai juara 3, SMA Negeri 2 Pangkalpinang sebagai juara 4, serta SMA Negeri 1 Mendo Barat sebagai juara 5.

Dalam Instagram resminya, Kantor Bahasa ProvinsiKepulauan Bangka Belitung (@kantorbahasababel) mengucapkan terima kasih terhadap pihak yang terlibat dan berhasil menyukseskan jalannya acara sehingga kegiatan inidapat dilaksanakan dengan baik. Harapannya. Semoga acara ini dapat memberi manfaat dan bisa kita lanjutkan denganlebih baik pada tahun-tahun mendatang. (*MaibynaKhairanisya)