Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Tunjukkan Kepedulian, SMP N 1 Baturetno Bantu Air Bersih di Paranggupito

Tunjukkan Kepedulian, SMP N 1 Baturetno Bantu Air Bersih di Paranggupito

Guru dan karyawan SMP Negeri 1 Baturetno melakukan kegiatan sosial dengan mengirimkan air bersih di Dusun Klepu, Songbledeg , Kecamatan Paranggupito.  Kegiatan itu dilakukan pada Rabu (16/9/2020). Sebanyak 21 tangki air bersih disedekahkan untuk masyarakat Dusun Klepu.

”Secara spontanitas kami menggalang dana untuk kegiatan itu. Dan hasilnya kami sedekahkan untuk membantu masyarakat Klepu,” demikian penjelasan koordinator kegiatan, Dwi Setyabudi, S.Pd. Dana yang terkumpul  memang tidak seberapa. Namun, semangat kepedulian, apalagi di masa pandemi seperti  saat ini harus selalu kita pupuk, imbuhnya. Kegiatan bakti sosial semacam ini insyaallah rutin kami lakukan tiap tahun bersama OSIS disamping kegiatan-kegiatan spontanitas pada peristiwa bencana yang insidental.  Namun, kali ini sekolah tidak melibatkan OSIS karena saat ini sekolah ada kendala berkoordinasi denga siswa.

Musim kemarau yang dimulai bulan April tahun ini memaksa masyarakat Paranggupito harus hemat air. Air hujan yang ditampung di bak-bak penampungan sudah habis dua minggu awal kemarau dan sejak itu mereka harus membeli  air. Satu tanki air 5000 liter rata-rata digunakan tiga minggu untuk satu keluarga. Dengan adanya bantuan semacam ini sangat bermafaat bagi kami, demikian penjelasan Ny. Suhardi, istri  Kadus Klepu , Desa Songbledeg.

Bencana kekurangan air bersih di Paranggupito merupakan bencana permanen tiap tahun di musim kemarau. Masyarakat berharap berharap bencana permanen ini diselesaikan juga dengan permanen. Jadi masyarakat tidak tiap tahun harus menghadapi hal semacam ini. Bagaimana masyarakat bisa berpikir untuk perbaikan ekonomi  jika tia tahun disibukkan dengan air bersih.

Mudah-mudahan pemerintah bisa menyelesaikan masalah ini secara permanen, dan ke depannya bukan hanya air minum yang diselesaikan, tapi air untuk kebutuhan pertanian yang juga sangat diperlukan.

Sumber : https://aksi03.id/tunjukkan-kepedulian-smpn-1-baturetno-bantu-air-bersih-di-paranggupito/