Jumat, 30 September 2022
Perguruan Tinggi

Kolaborasi UNDIP dengan UI Greenmetric dan 17 Universitas di Indonesia dalam Penyelenggaraan UIGM Online Course “Praktik Sustainable Development Goals di Indonesia”

Kolaborasi UNDIP dengan UI Greenmetric dan 17 Universitas di Indonesia dalam Penyelenggaraan UIGM Online Course “Praktik Sustainable Development Goals di Indonesia”

UI Greenmetric berkolaborasi dengan 17 universitas di Indonesia, dengan salah satunya adalah Universitas Diponegoro, menyelenggarakan Online Course bertema Praktik Sustainable Development Goals SDGs di Indonesia pada 8 September – 22 Desember 2022. Online Course ini pertama kali diselenggarakan khusus untuk mahasiswa Indonesia. Pada tahun sebelumnya, telah diselenggarakan Online Course secara internasional yang melibatkan kerja sama UI Greenmetric dengan enam universitas dari enam negara: Brazil, Colombia, Ecuador, Hungary, Indonesia, Tunisia, and The United Arab Emirates.

Online Course ini resmi dibuka pada Kamis, 8 September 2022 secara daring pukul 14.00-17.00 WIB melalui zoom meeting. Acara pembukaan online course ini diawali dengan sambutan dari Prof. D. Ir. Riri Fitri Sari sebagai Ketua UI Greenmetric. Prof Riri menyampaikan bahwa memiliki tujuan bersama untuk mempelajari best practice (praktik baik) SDGs dan segera mempraktekkannya untuk menciptakan perekonomian Indonesia yang lebih baik di masa depan, akan membantu kita dan memantapkan langkah kita mencapai peringkat enam besar ekonomi dunia pada tahun 2045. Maka online course ini amatlah penting sebagai wadah mahasiswa Indonesia untuk belajar lebih banyak lagi dan mengasah lebih tajam lagi pengetahuan dan kemampuan berpikir mereka terkait praktik SDGs di Indonesia.

Sambutan berikutnya oleh Koordinator Nasional UI Greenmetric World University Ranking Network (UIGWURN), Prof Dr. Ir. Ambariyanto, M.Sc yang juga selaku Wakil Rektor IV Universitas Diponegoro. Dalam sambutannya, Prof Ambariyanto menyatakan bahwa kegiatan online course ini telah diusahakan agar dapat dijalankan sebaik-baiknya untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam pendidikan di luar program studi. Prof Ambariyanto juga menyebutkan bahwa bersama dengan hadirnya SDGs, kita harus bergerak bersama untuk mencapai tujuan bersama, dan agar mahasiswa yang mengikuti online course ini mampu berperan aktif dalam mengimplementasikan SDGs dan mampu memperluas jejaring.

Selama acara pembukaan online course in juga disampaikan pidato singkat dari para Rektor atau Wakil Rektor yang mewakili Rektor dari 13 universitas sebagai ungkapan dukungan terhadap penyelenggaraan online course ini, termasuk dari Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., Rektor Universitas Diponegoro. Prof Yos Johan Utama menyatakan syukur dan bangga atas keterlibatan Undip dalam kolaborasi penyelenggaraan online course Pratik SDGs di Indonesia.

Memasuki sesi pengenalan penyelenggaraan online course, Wakil Ketua UI Greenmetric bidang Program, Komunikasi, dan Kerja sama, Dr. Junaidi, MA, menjelaskan seluk beluk sesi kuliah online course yang akan diikuti oleh para peserta meliputi modul kuliah, jadwal, pembagian kelas, dan perangkat yang digunakan untuk kuliah. Penjelasan rinci tentang perangkat yang digunakan disampaikan oleh Iwan Juwana, Ph.D dari ITENAS Bandung, selaku Koordinator Nasional UI Greenmetric Online Course. Iwan Juwana menjelaskan cara menggunakan aplikasi Moodle.

Beberapa dosen Undip terlibat dalam Online Course UI Greenmetric ini, yaitu  Rukuh Setiadi, S.T., MEM.,Ph.D., Prof. Dr.Ing. Wiwandari Handayani, S.T., M.T., MPS, dan Dessy Ariyanti, S.T., M.T., Ph.D. Ketiga dosen Undip ini terlibat dalam online course sebagai koordinator universitas dan pengisi materi perkuliahan. Beberapa mahasiswa Undip juga terdaftar sebagai peserta online course ini. Selain Undip, terdapat 16 universitas lain meliputi Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Syiah Kuala, Telkom University, Universitas Pattimura, Universitas Palangka Raya, Universitas Lampung, Universitas Negeri Surabaya, Institut Teknologi Nasional Bandung, Universitas Samratulangi, Universitas Gadjah Mada, Universitas Pancasila, Universitas Islam Negeri Jakarta, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Muhammadiyah Malang.

Sumber berita: Opening Session for UI Greenmetric Online Course on Sustainability for Indonesian Students – UI GreenMetric

Sumber foto: dokumentasi SDGs Center Undip.