Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

UMJ Dipilih Menjadi Penyelenggara Seleksi Calon Reviewer DRTPM

UMJ Dipilih Menjadi Penyelenggara Seleksi Calon Reviewer DRTPM

Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) melakukan kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dalam mengadakan Seleksi Calon Reviewer Penelitian. UMJ menjadi penyelenggara seleksi calon reviewer pada Batch 3 yang diselenggarakan di Hotel Millenium Jakarta, pada Kamis (08/12). Rektor UMJ, Dr. Ma’mun Murod, M.Si., mengucapkan terimakasih kepada Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPTM) karena telah memberikan kepercayaan kepada UMJ sebagai penyelenggara pada kegiatan ini.

Seleksi calon reviewer dilakukan karena lonjakkan proposal pendanaan yang diterima oleh DRTPM. Pada tahun pada tahun 2021 tercatat terdapat kurang lebih 25.000 proposal, sementara tahun 2022 ini mencapai 40.000 proposal. Sebanyak 111 peserta mengikuti seleksi pada Batch 3 dinilai oleh 10 orang fasilitator dan diberikan materi oleh 5 tim pakar dari berbagai universitas. Mereka juga akan turut andil untuk mewujudkan para reviewer baru dengan standar yang nantinya akan siap terjun sebagai reviewer penelitian. Seleksi calon reviewer ini dilaksanakan selama 3 hari. Kegiatan ini dilaksanakan secara variatif dengan pemberian materi, pre test, dan penilaian oleh para fasilitator yang ditugaskan oleh DRTPM.

Erlin Puspaputri, S.Si., M.M., dan Dr. Ma’mun Murod, M.Si., saat pemberian cinderamata dari UMJ kepada DRTPM, di Hotel Millenium Jakarta, pada Kamis (08/12).

Erlin Puspaputri, S.Si., M.M., Koordinator Penelitian menjelaskan bahwa total peserta yang mendaftarkan diri menjadi calon reviewer sebanyak 1.500 orang, namun seleksi yang dilakukan sangat ketat sehingga terdapat 333 yang lulus untuk mengikuti seleksi calon reviewer. “Kami memilih UMJ menjadi penyelenggara sebab sudah beberapa kali berkerjasama pada program penelitian,” ungkap Erlin.

Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod, M.Si., mengapresiasi DRTPM dalam memberikan kepercayaan kepada UMJ. “Kami mewakili Universitas Muhammadiyah Jakarta mengucapkan banyak terima kasih kepada Direktorat, Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) dan mohon maaf apabila masih ada kekurangan dalam hal teknis ataupun pelayanan. Semoga Bapak/Ibu peserta dapat mengikuti acara sampai akhir dengan kondisi sehat dan lulus menjadi reviewer,” ungkap Ma’mun.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Tri Yuni Hendrawati, ST., M.Si., selaku ketua LPPM UMJ menerangkan bahwa keterlibatan UMJ dalam hal penyelenggara ataupun peserta adalah sesuatu hal yang patut diapresiasi. “LPPM UMJ akan terus mengadakan kegiatan dalam rangka meningkatkan mutu seorang dosen dalam penelitian dan pengabdian masyarakat,” tutur Yuni.

Peserta Calon Seleksi Reviewer Batch 3, di Hotel Millenium Jakarta, pada Kamis (08/12).

Sebelumnya, UMJ turut andil dalam kepesertaan calon seleksi reviewer pada Batch 2 yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka. Di antara dosen tersebut ialah Prof. Dr. Tri Yuni Hendrawati, ST., M.Si., Dr. Tria Astika Endah, SKM., MKM., dan Dr. Iswan, M.Si. (MN/KSU)