Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

FIP UMJ Gelar Sosialisasi PKM 2023

FIP UMJ Gelar Sosialisasi PKM 2023

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIP UMJ) gelar Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2023 yang dilaksanakan secara daring, Kamis (2/2). Sosialisasi ini dilaksanakan untuk menghasilkan proposal PKM yang berkualitas dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berada di bawah koordinasi Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan KEMDIKBUDRISTEK.

Program Kreativitas Mahasiswa merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (KEMDIKBUDRISTEK) dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi. Melalui program tersebut diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan akademis dan profesional, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta memperkaya budaya nasional. PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. 

Baca juga : Gagas Reduplikasi Morfologi Bahasa, Mahasiswa FIP Lolos PKM-AI

Pembicara sosialisasi PKM FIP UMJ Arlin Astriyani, M.Pd., mengatakan bahwa adanya PKM merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa untuk mengalirkan ide-ide atau gagasan yang kelak dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara. Arlin juga menjelaskan bahwa tujuan dari PKM tahun ini adalah untuk memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat akan aturan, kreatif dan inovatif, serta objektif dan kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.

Arlin berharap dengan diadakannya PKM ini mahasiswa memiliki pengalaman lebih yang dapat diaplikasikan di kemudian hari. “Secara tidak langsung, semakin banyak pengalaman, kalian akan dengan mudah mengaplikasikan saat didunia kerja. Semakin sering kalian ikut, maka pengalaman yang kalian peroleh pun semakin banyak,” ujar Arlin.

Tidak hanya sebagai mencari pengalaman, mahasiswa juga diharapkan mampu memiliki pandangan tentang tata cara  pembuatan skripsi ketika mengikuti PKM. Salah satunya pada bidang PKM Riset Sosial Humaniora yang mengharuskan mahasiswa memberikan laporan berupa kemajuan, laporan akhir, dan artikel. “PKM ini merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa sehingga mahasiswa sudah memiliki pandangan ketika akan menyusun skripsi taruhlah seperti pada PKM-RSH dimana laporan luarannya meliputi laporan kemajuan, akhir, dan artikel,” sambung Arlin. (KH/KSU)