Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Pertama Kali, KKN UAD Adakan Posbindu Lansia di Dusun Panggul Wetan

Pertama Kali, KKN UAD Adakan Posbindu Lansia di Dusun Panggul Wetan

KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Adakan Posbindu Lansia di Dusun Panggul Wetan, Gunungkidul (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam KKN Reguler 101 Unit XXVI.D.2 mengadakan kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) bagi lansia di Dusun Panggul Wetan, Gunungkidul, pada Minggu, 12-2-2023. Bekerja sama dengan kader Posyandu, mereka menghelat kegiatan di balai dusun setempat.

M. Yurry Gagarin selaku ketua unit menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sudah lama dicanangkan oleh perangkat desa setempat guna memantau kesehatan masyarakat, terutama lansia. “Kami melihat bahwa saat ini jumlah lansia, khususnya di Gunungkidul, terus meningkat dan belum mendapatkan perhatian serius. Oleh karena itu, kami membantu untuk merealisasikan Posbindu lansia,” paparnya.

Kegiatan dimulai dengan melakukan pendataan lansia, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan yang meliputi cek Indeks Massa Tubuh (IMT), lingkar perut, tekanan darah, dan kadar gula darah. Ketika ditemukan hasil cek kesehatan yang tidak normal, seperti tekanan darah tinggi, warga diberikan edukasi terkait pentingnya menjaga pola makan dan pola hidup sehat.

“Mereka juga diberi penjelasan tentang makanan dan minuman yang boleh dan dilarang dikonsumsi berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan masing-masing,” jelas Yurry.

Tayitno selaku Kepala Dusun Panggul Wetan menyampaikan apresiasinya terhadap mahasiswa KKN yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Ia menyatakan bahwa kegiatan tersebut sangat membantu dalam menjadi dasar utama pelaksanaan Posbindu di Panggul Wetan untuk pertama kali.

Dengan dilaksanakannya program ini, tim Unit XXVI.D.2 berharap masyarakat Panggul Wetan bisa lebih sadar untuk menjaga pola hidup sehat dan rutin melakukan cek kesehatan. Kegiatan ini disambut baik oleh para warga, terbukti dari 50 peserta yang mengikuti kegiatan ini dengan antusias. (tsa)

uad.ac.id