Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa UAD Dampingi Posyandu di Dusun Pucangsari Gunungkidul

Mahasiswa UAD Dampingi Posyandu di Dusun Pucangsari Gunungkidul

Pendampingan Posyandu oleh Mahasiswa KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Periode 101 Unit XXVI.A.1 turut berkontribusi dalam meningkatkan cakupan vitamin A melalui kegiatan Posyandu. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Balai Padukuhan Pucangsari, Candirejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul pada 1 Februari 2023. Posyandu dilaksanakan bersama kader, petugas Puskesmas Semanu II, dan tim peneliti dari Jakarta.

Pemberian vitamin A merupakan salah satu upaya perbaikan gizi masyarakat yang ada dalam rencana strategis (Renstra) Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul Tahun 2021–2026. Vitamin A kaya akan kandungan antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin A juga bermanfaat dalam mencegah anemia pada ibu nifas.

“Mahasiswa sebagai generasi muda dianggap mampu memberikan wawasan baru kepada masyarakat tentang kesehatan ibu dan anak sehingga kami beri kesempatan untuk ikut mengambil peran,” ujar Erna, Ketua Posyandu Mawar Dusun Pucangsari.

Kegiatan Posyandu meliputi pengukuran tinggi badan anak, pengukuran berat badan anak, pemeriksaan tensi darah pada ibu, pemberian makanan tambahan (PMT) balita, pemberian vitamin A, dan pemberian imunisasi kepada anak. Untuk menarik minat anak, mahasiswa KKN UAD menyediakan balon sebagai hadiah bagi anak yang telah menyelesaikan rangkaian kegiatan Posyandu.

“Kesadaran dan kepedulian ibu terhadap tumbuh kembang anak di Pucangsari sudah tergolong baik. Hal ini terlihat dari keterlibatan 27 anak dalam kegiatan Posyandu tempo hari. Kami berharap, antusiasme masyarakat terhadap kesehatan bisa terus dipertahankan. Dengan demikian, generasi yang sehat dan berkualitas dapat diwujudkan,” terang Rheananda Rhere Fitrajaya, salah satu anggota KKN UAD Unit XXVI.A.1. (ish)

uad.ac.id