Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

KKN UAD Gelar Senam Bersama dan Pemeriksaan Kesehatan

KKN UAD Gelar Senam Bersama dan Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan dan senam bersama kolaborasi KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Puskesmas Sanden, Posyandu Balita Putra Sehat, dan Posyandu Lansia Ngudi Waras (Foto: Istimewa)

Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler 101 Unit IX.D.2 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan program pemeriksaan kesehatan. Kegiatan ini bekerja sama dengan Puskesmas Sanden, Posyandu Balita Putra Sehat, dan Posyandu Lansia Ngudi Waras. Kegiatan diawali dengan senam bersama serta dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan bagi warga Padukuhan Cetan, Kelurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul pada 12 Februari 2023.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Unit IX.D.2 di padukuhan tersebut. Unit yang beranggotakan Djunani Indriyani, Mittha Ristiana, Hafidan Nur Furqon, Dwi Novitasari, Rendika Septianto Pratama, Fakhira Annisatul Zahrah, Erima Nur Setyandari, Teti Anisa, dan diketuai oleh Bagas Al Fajri itu melaksanakan KKN di Padukuhan Cetan sampai dengan 4 Maret 2023 mendatang.

Diselenggarakan di SDN Tegalsari, kegiatan senam dan pemeriksaan kesehatan sukses menarik perhatian warga sekitar. “Alhamdulillah, kegiatan berjalan dengan lancar. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat yang tadinya tidak tahu dengan kondisi kesehatan mereka, ke depannya dapat semakin memperhatikan kesehatan masing-masing,” ungkap Suroto selaku Dukuh Cetan, yang merespons positif kegiatan ini.    

Dilaksanakan di tengah turunnya hujan tak menyurutkan semangat pihak penyelenggara dan peserta kegiatan. Partini, Bendahara Posyandu Posyandu Balita Putra Sehat dan Posyandu Lansia Ngudi Waras, menyatakan apresiasinya pada seluruh pihak yang terlibat. “Kami berterima kasih pada Mas dan Mbak KKN UAD, pihak Puskesmas, dan warga Cetan yang antusias mengikuti kegiatan. Program ini sangat berguna bagi warga karena tidak semua punya kesempatan untuk memeriksakan kesehatan langsung ke Puskesmas, sekali lagi kami berterima kasih,” ujarnya.

Acara diawali dengan pemeriksaan kesehatan yang meliputi pemeriksaan tinggi badan, berat badan, lingkar tubuh, yang dilanjutkan dengan pemeriksaan tekanan darah, kadar asam urat, dan gula. Setelah selesai, warga yang hadir dipersilakan untuk bergabung di kegiatan senam yang dilaksanakan di salah satu ruang kelas SDN Tegalsari.

Uud, Demisioner Ketua Muda Mudi Cetan Community (MMCC), juga turut menyambut baik kegiatan ini. “Menurut saya, aktivitas senam dan pemeriksaan itu sangat kompatibel, sehingga cocok untuk diselenggarakan dalam 1 kegiatan yang sama. Kemudian, selain meningkatkan kesehatan, kegiatan ini juga mempererat hubungan antara mahasiswa KKN UAD dan warga setempat,” tuturnya.

Terlaksananya kegiatan tersebut tidak lantas mengakhiri tanggung jawab mahasiswa KKN UAD terhadap Padukuhan Cetan. Di sisa periode, Unit IX.D.2 masih akan tetap melakukan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan sumber daya di Padukuhan Cetan dalam berbagai aspek. (Lid)

uad.ac.id