Minggu, 05 Mei 2024
Sekolah Dasar

Gerakan Menanam dan Kerja Bakti Massal, dan Kick-Off Urban Farming Pemerintah Kota Semarang

<strong>Gerakan Menanam dan Kerja Bakti Massal, dan <em>Kick-Off Urban Farming</em> Pemerintah Kota Semarang</strong>

Dalam rangka pelestarian lingkungan dan Kick-off Urban Farming Pemerintah Kota Semarang, SD Islam Hidayatullah melaksanakan kegiatan gerdu berapi di lingkungan sekolah. Kegiatan tersebut dilakukan pada Sabtu, 28 Januari 2023 pukul 07.30—09.30 WIB. Sebelum adanya kegiatan Kick-off Urban Farming dari pemerintah kota, SD Islam Hidayatullah sudah memiliki program gerdu berapi yang dilaksanakan setiap 1 bulan sekali. Kegiatan tersebut berfokus untuk merawat dan menjaga seluruh tanaman serta kebersihan yang ada di lingkungan sekolah. Selain dari guru dan karyawan, dalam program tersebut, terdapat beberapa siswa yang ikut andil dengan semangat kebersihan, mereka disebut sebagai kader adiwiyata.

Simak video dokumentasi Gerakan Menanam Dan Kerja Bakti Massal, Dan Kick-Off Urban Farming Pemerintah Kota Semarang

Berkaitan dengan hal itu, pihak sekolah meminta para kader adiwiyata (kelas 1—6) untuk datang dan berkumpul di halaman sekolah guna bekerjasama menjalankan kegiatan tersebut. Juga, para kader diminta untuk membawa bibit tanaman (bebas) sebab salah satu aktivitas di dalamnya, yaitu menanam bibit tanaman.

Kegiatan tersebut berjalan lancar dan kondusif. Sesuai yang direncanakan, anak-anak, guru, dan karyawan sangat antusias dan semangat menjalankan beberapa program kerja pada hari itu, di antaranya:

  1. penanaman tanaman sayur dan warung hidup
  2. panen ikan
  3. membersihkan green house

Setelah berkegiatan di tempat kerjanya masing-masing, anak-anak, guru, dan karyawan beristirahat sambil menikmati makanan ringan yang sudah disediakan oleh sekolah. Tak lupa, beberapa guru dari tim dokumentasi sekolah mengabadikan setiap momen dengan foto dan video.

Alhamdulillah, semuanya berjalan dengan tertib dan bahagia meski berkeringat karena aktivitas pagi itu ditemani cuaca cerah hampir ke terik.