Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

JELANG RAMADHAN, YUK KENALI TRADISI MUNGGAHAN

JELANG RAMADHAN, YUK KENALI TRADISI MUNGGAHAN

(UINSGD.AC.ID)-Indonesia adalah negara dengan banyak keragaman budaya dan dikenal dengan perbedaannya. Seperti halnya tradisi yang ada di Indonesia, tentunya memiliki keragaman yang berbeda di setiap daerah.

Tradisi Munggahan merupakan salah satu tradisi yang masih aktif dilakukan oleh masyarakat Kota Bandung. Bagi mereka, tradisi Munggahan tidak hanya mengandung ajaran Islam secara simbolis, tetapi juga mengandung nilai kemanusiaan yang kuat sehingga dapat menunjukkan hubungan universal antar manusia.

Artikel ini membahas tentang perkembangan tradisi Munggahan dari tahun ke tahun hingga persepsi masyarakat terhadap tradisi Munggahan itu sendiri. Peneliti menempuh beberapa cara untuk menyampaikan secara jelas persepsi masyarakat mengenai tradisi Munggahan di Bandung. Peneliti melakukan wawancara dengan masyarakat yang sudah tinggal di Bandung kepada tokoh masyarakat setempat dan ustadzah di daerah tersebut.

Tradisi munggahan merupakan tradisi yang tidak asing lagi di telinga kita ketika kita berada di bulan Sya’ban dengan pengingat bahwa bulan Ramadhan akan segera masuk.

Untuk mengetahui hasil penelitian tentang Perkembangan Tradisi Keagamaan Munggahan Kota Bandung Jawa Barat Tahun 1990-2020 oleh Tata Twin Prehatinia, Widiati Isana yang dimuat pada Jurnal Priangan/Volume 1 nomor 01 Juni /Tahun 2022