Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Tim Universitas Teknokrat Indonesia Berikan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Keuangan dan Digital Marketing UMKM Desa Hanura

Tim Universitas Teknokrat Indonesia Berikan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Keuangan dan Digital Marketing UMKM Desa Hanura

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) PTS terbaik ASEAN, melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di UMKM Desa Hanura.

Kegiatan PKM ini melibatkan Tim dosen Universitas Teknokrat Indonesia yakni, Shiwi Angelica Cindiyasari, S.Ak., M.B.A; Almira Devita Putri, S.A.P., MAB; Berlintina Permatasari, SE.,  M.M; serta Larasati Ahluwalia, SE., M.Sc. Selain itu, kegiatan ini  melibatkan mahasiswa dari Prodi Akuntansi yang sudah menerapkan penggunaan aplikasi keuangan serta digital marketing yaitu, Elvina Septiani dan Nurul Sakinah.

Baca juga: Universitas Teknokrat Indonesia Gelar Seminar Reksadana Sinarmas Sekuritas

Peserta Pelatihan UMKM Desa Hanura

Kegiatan PKM ini dihadiri oleh Perkumpulan UMKM di Desa Hanura, Pesawaran, Lampung. Kegiatan ini bertema “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Keuangan dan Aplikasi Digital Marketing untuk Optimalisasi Penjualan guna Scale Up UMKM di Desa Hanura”.

Dalam kegiatan ini dibuka oleh Bu Putri Selaku Ketua Perkumpulan UMKM Di Desa Hanura.  Dalam sambutannya, Bu Putri menyampaikan bahwa UMKM merasa sangat  terbantu dengan adanya program PKM ini karena sudah mengenalkan aplikasi-aplikasi yang dapat membantu mengoptimalkan penjualan untuk UMKM di Desa Hanura seperti contoh penggunaan Aplikasi Buku Kas, Rytr.me dan aplikasi lainnya.

pkm di desa hanura

Bu Putri melalui sambutannya juga menyampaikan pesan untuk para peserta yang terdiri dari berbagai macam jenis Usaha seperti Fashion, makanan, produk olahan, tanaman, kesenian dan lain-lain untuk dapat memanfaatkan kegiatan PKM ini dengan baik untuk dapat menjadi bekal dalam perkembangan bisnis dengan menggunakan bantuan digital agar dapat mengoptimalkan penjualannya.Dengan adanya kegiatan ini, Ketua Perkumpulan UMKM di Desa Hanura berharap kemampuan penggunaan aplikasi keuangan dan pemasaran digital masyarakat khususnya pemilik UMKM di Desa Hanura dapat terus meningkat serta dapat diterapkan dalam bisnis yang dimilikinya. “Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Universitas Teknokrat Indonesia atas pemberian pelatihan penggunaan aplikasi keuangan dan digital marketing melalui kegiatan PKM ini. Kedepannya, semoga dapat terjalin kerjasama kembali antara Desa Hanura dan Teknokrat,” kata Bu Putri.

Beberapa Produk UMKM

Peserta Kegiatan PKM ini adalah UMKM yang ada di Desa Hanura yan terdiri dari produk Fashion, Tanaman Hias, makanan, Produk Olahan, Fotograpy, Make Up Artist dan lainnya. Para peserta sangat antusias dengan kedatangan TIM PKM dari Universitas Teknokrat Indonesia. Pada awalnya peserta menyampaikan permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam menjalankan usahanya seperti penggunaan media sosial yang kurang optimal serta pencatatan keuangan yang masih manual. Kemudian, Tim PKM memberikan solusi untuk permasalahan tersebut dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang dapat membantu UMKM dalam mengoptimalkan penjualan mereka.

Kegiatan PKM ini dikoordinir oleh Shiwi Angelica Cindiyasari, S.Ak., M.B.A, yaitu dosen FEB Universitas Teknokrat Indonesia yang memiliki fokus di bidang keuangan dan kewirausahaan.

Kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan wawasan para UMKM agar lebih mengenal perkembangan bisnis di era digital. Perkembangan teknologi yang sudah semakin pesat menuntut para UMKM harus memiliki strategi penggunaan digital untuk mengoptimalkan penjualannya agar membuat bisnisnya berjalan dengan efektif dan efisien.

Penggunaan Aplikasi Keuangan

Dengan menggunakan aplikasi keuangan seperti buku kas, membantu usaha kecil, menengah dan mikro untuk mencatat lebih efektif dan efisien tanpa pencatatan manual. Selanjutnya, penjualan dapat dioptimalkan melalui penggunaan aplikasi pemasaran digital yaitu melalui penggunaan media sosial, aplikasi pembuatan konten, dan aplikasi desain grafis. Melalui pelatihan aplikasi keuangan dan pemasaran digital ini diharapkan dapat membantu usaha kecil, menengah dan mikro dalam mengoptimalkan penjualan dan memperluas skala usaha kecil, menengah dan mikro di Desa Huapu.