Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Pondok Ramadhan

Pondok Ramadhan

Ramadhan adalah bulan penuh berkah, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu. Pada bulan Ramadhan terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Pondok Ramadhan di SMPN 4 Blitar dilaksanakan pada tanggal 27 Maret hingga 1 April 2023 secara bergantian, Senin hingga selasa, kelas 9 melaksanakan pondok ramadhan di sekolah, sementara kelas 7 dan 8 daring. Rabu hingga kamis, kelas 8 melaksanakan pondok ramadhan di sekolah, kelas 7 dan 9 daring. Jumat hingga sabtu, kelas 7 melaksanakan pondok ramadhan di sekolah, kelas 8 dan 9 daring. Sebelum memulai kegiatan, para siswa bersama-sama membaca asmaul husna dan mengaji. Siswa belajar mendalami ilmu makhorijul huruf dan tajwid, menghafal doa, pengetahuan seputar puasa, hafalan surat pendek, melancarkan bacaan sholat dengan didampingi para Ustadz dan Ustadzah dari LPQ Thoriqoti Pesantren Al-Muhafidhah Dawuhan.

Adapun siswa yang melaksanakan pondok ramadhan secara daring, mendapatkan tugas dari guru agama masing-masing dan dikerjakan di buku tulis yang telah disediakan sekolah, dan dikumpulkan ke guru agama masing-masing.

Tujuan dari kegiatan pondok ramadhan adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa serta melatih siswa beribadah dan melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Siswa kelas 9 melaksanakan pondok ramadhan
Siswa kelas 8 melaksanakan pondok ramadhan
Siswa kelas 7 melaksanakan pondok ramadhan