Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

JALUR PRESTASI DAN TAHFIZ MAN 1 GRESIK DISERBU LEBIH DARI SERATUS PENDAFTAR

JALUR PRESTASI DAN TAHFIZ MAN 1 GRESIK DISERBU LEBIH DARI SERATUS PENDAFTAR

JALUR PRESTASI DAN TAHFIZ MAN 1 GRESIK DISERBU LEBIH DARI SERATUS PENDAFTAR

MAN 1 Gresik awali Penerimaan Peserta Didik Baru lebih awal. Pada 10 April 2023, MAN 1 Gresik membuka seleksi jalur prestasi dan jalur tahfiz. Kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB tersebut dilaksanakan di gedung Asrama Baru MAN 1 Gresik.

Berdasarkan laporan dari panitia PPDB MAN 1 Gresik, calon peserta didik baru yang mendaftar jalur prestasi terdiri atas 85 pendaftar. Sedangkan calon peserta didik yang mendaftar jalur tahfiz terdiri atas 27 pendaftar. Kedua jalur khusus bagi calon peserta didik baru MAN 1 Gresik tersebut pun menjalani proses seleksi yang berbeda.

Untuk jalur prestasi mensyaratkan calon peserta didik baru memiliki peringkat 1—3 kelas VIII dan IX semester 1 di SMP/MTs dibuktikan dengan surat rekomendasi dari madrasah/sekolah. Kemudian pendaftar harus memiliki sertifikat juara lomba akademik/nonakademik minimal tingkat kabupaten. Calon peserta didik baru juga dapat menggunakan jalur khusus peraih juara dan golden tiket Magic MAN 1 Gresik. Selain dalam jalur prestasi ini MAN 1 Gresik juga membuka jalur prestasi dengan kategori pernah menjadi ketua OSIS di SMP/MTs asal pendaftar.

Berbeda dengan jalur prestasi yang mensyaratkan pendaftar memiliki beragam prestasi, jalur tahfiz mensyarakatkan ketentuan yang berbeda. Pada jalur tahfiz ini terdapat dua syarat utama yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar. Pertama yaitu pendaftar harus menyerahkan sertifikat hafalan minimal 5 juz dari lembaga maupun pembimbing. Kedua pendaftar harus lulus tes hafalan oleh Tim PPDB MAN 1 Gresik.

Dalam seleksi jalur prestasi dan tahfiz ini pun melibatkan berbagai pihak yang meliputi guru Agama, Guru BK, dan guru Tahfiz. Bahkan dalam seleksi ini pun melibatkan langsung juara 1 MTQ Nasional Sawabila Irfana. Guru agama bertugas untuk menguji baca dan tulis Al Qur’an. Sedangkan untuk Guru BK bertugas untuk melakukan uji wawancara. Sedangkan guru TAHFIZ bertugas untuk menguji hafalan calon peserta didik baru MAN 1 Gresik