Sabtu, 04 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

IN HOUSE TRAINNING (IHT)PENGUATAN PEMBELAJARAN SMK PUSAT KEUNGGULAN

IN HOUSE TRAINNING (IHT)PENGUATAN PEMBELAJARAN SMK PUSAT KEUNGGULAN

Program SMK Pusat Keunggulan mengusung semangat “Merdeka Belajar” berfokus pada penguatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan, serta mendekatkan sektor pendidikan dengan dunia kerja profesional. Program SMK Pusat Keunggulan memberikan jalan untuk dapat memerdekakan potensi guru, kepala sekolah, dan siswa, serta menciptakan ekosistem berkebinekaan yang berstandar global

SMK Negeri 2 Kalianda salah satu SMK yang  terpilih dalam program SMK Pusat Keunggulan diharapkan menjadi rujukan serta melakukan pengimbasan untuk mendorong peningkatan kualitas dan kinerja SMK di sekitarnya. Untuk mencapai nya , keselarasan antara SMK Pusat Keunggulan dengan dunia kerja tidak hanya diwujudkan melalui MoU saja, tetapi harus berlangsung secara mendalam dan menyeluruh.

SMK Pusat Keunggulan fokus pada SDM SMK dengan paradigma baru. Yakni adanya integrasi untuk bisa berdampak ke sekolah lain melalui insentif bantuan fisik dan non-fisik. Tidak hanya itu, program ini juga meliputi pelatihan kepala sekolah, guru kejuruan, digitalisasi sekolah, dan kurikulum melalui pembelajaran dengan paradigma baru. Program SMK Pusat Keunggulan mempunyai empat sektor prioritas utama:

  1. Permesinan dan konstruksi
  2. Ekonomi kreatif
  3. Hospitality
  4. Care services
  5. Prioritas lain (kerja sama luar negeri, KEK, maritim, dan pertanian).

Program ini tidak hanya melibatkan pemerintah daerah, tetapi juga berkoordinasi dengan perguruan tinggi vokasi sebagai pendamping. Terdapat beberapa langkah yang dilakukan pada program SMK Pusat Keunggulan. Yang pertama, akselerasi pelatihan upskilling and reskilling guru berbasis DUDI. Pelatihan ini berguna untuk memastikan kompetensi guru kejuruan meningkat sesuai standar DUDI. Yang kedua, berlatih kurikulum dengan menekankan PBL dan soft skills, termasuk mengembangkan mata pelajaran bersama DUDI.

Mengenai pelatihan kepala sekolah, dilaksanakan mulai dari pembelajaran paradigma baru, pemanfaatan platform teknologi dan perencanaan dengan basis refleksi diri sekolah, hingga ke pendampingan. Tujuan dari hal tersebut adalah untuk memastikan jika kepala sekolah bisa memimpin perubahan di sekolah, mempunyai kapasitas dalam mengelola kerja sama dengan DUDI, serta dapat mengembangkan dan mengatur road map pengembangan SMK PK.Sedangkan pendampingan dalam pengembangan ruang lingkup kerja sama dengan DUDI mencakup:

  1. Pembelajaran berbasis proyek/industri
  2. Pengembangan kurikulum
  3. Teaching factory
  4. Pengajar dari DUDI, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, terdapat pula pengembangan sarana dan prasarana yang dilaksanakan untuk mendukung pembelajaran berbasis industri. SMK PK mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah dengan menjalin kerja sama dengan DUDI untuk melahirkan lulusan yang berkualitas.