Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

SINGKRONISASI KURIKULUM SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024

SINGKRONISASI KURIKULUM SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024

SMK Perindustrian Yogyakarta pada Kamis, 22 Juni 2023 telah melaksanakan singkronisasi kurikulum tahun ajaran 2023/2024 yang dilaksanakan di ruang pertemuan SMK Perindustrian Yogyakarta. Dengan melibatkan beberapa narasumber yaitu Agus Setyo Budhi dari hyundai Adisucipto Yogyakarta, Deni Rohnadi, S. Pd., T, M.T. dari RnD Motor Yogyakarta, Suhadi, S. T dari PT. Madubaru Madukismo, Rabiman, M. Pd Dosen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Ani Purwanti, S. T., M.Eng. Dosen IST Akprind Yogyakarta.

Sinkronisasi kurikulum ini, merupakan penyelarasan kurikulum yang dilakukan dengan melibatkan pihak industri, selaku pemakai tenaga kerja, agar kompetensi lulusan dapat meningkat dengan baik. Maka harus menyelenggarakan kegiatan sinkronisasi kurikulum dengan dunia kerja, dunia industri dan dunia usaha. “Adanya kegiatan  sinkronisasi kurikulum ini, dapat memberikan wawasan dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh siswa, sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Setelah pelaksanaan singkronisasi dilanjutkan dengan riview dan validasi KOS (Kurikulum Operasional Sekolah) & KTSP 2013 tahun ajaran 2023/2024.

Sinkronisasi kurikulum ini bertujuan agar tercapai kesesuaian antara kompetensi dasar dalam Kurikulum SMK dengan kompetensi yang ada dalam IDUKA dan sekaligus untuk pengembangan silabus kurikulum SMK dan sinkronisasi kompetensi sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level II. Selain pengembangan kurikulum dan kompetensi, juga perlu adanya pemetaan industri yang akan menjadi mitra SMK Perindustrian Yogyakarta dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)/Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) bagi siswa. Kerjasama ini juga bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetensi guru dan kualitas tamatan sesuai dengan kebutuhan kedua belah pihak.