Sabtu, 01 Juni 2024
Sekolah Menengah Atas

WORKSHOP BAHAN AJAR DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN

WORKSHOP BAHAN AJAR DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN

Salah satu penentu kesuksesan dalam kegiatan pembelajaran adalah disiapkannya bahan ajar serta perangkat pembelajaran dengan baik. Bahan ajar adalah materi pembelajaran untuk membahas satu pokok bahasan, dapat berupa cetak (artikel, komik, infografis) maupun noncetak (audio dan video). Perangkat pembelajaran merupakan alat untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas.

Untuk membantu guru mempersiapkan tahun ajaran 2023/2024 SMA Negeri 1 Godean melaksanakan worskshop IKM Mandiri Berubah dengan materi “Mempersiapkan Bahan Ajar dan Perangkat Pembelajaran”. Workshop dilaksanakan hari Kamis  tanggal 13 Juli 2023 diikuti guru mata pelajaran kelas X, XI, dan XII. Nara sumber workshop adalah dari internal sekolah yaitu Surahman, S.Pd, M.Pd selaku Kepala Sekolah dan Suharyadi, S.Pd,M.M selaku Tim Kurikulum.

Sebagai hasil dari kegiatan workshop adalah disusunnya bahan ajar dan perangkat pembelajaran. Pengumpulan dan pengolahn hasil workshop kelas X dikoordinasikan oleh Erni Widiarti, S.H, M.Pd dan kelas XI-XII oleh Bardi, S.Pd, M.Pd. Perangkat pembelajaran berupa silabus dan RPP akan menjadi bagian dari KTSP, sedangkan ATP dan Modul Ajar akan menjadi bagian dari KOSP.