Selasa, 07 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

SELAMAT HARI ANAK NASIONAL; “Mewujudkan Keluarga Ramah dan Peduli Anak” Bersama ‘SMK SWAGAYA 1 Purwokerto’

SELAMAT HARI ANAK NASIONAL; “Mewujudkan Keluarga Ramah dan Peduli Anak” Bersama ‘SMK SWAGAYA 1 Purwokerto’

Anak merupakan awal mata rantai manusia yang sangat menentukan wujud dan kehidupan suatu bangsa pada masa depan. Oleh karena itu, menyiapkan generasi muda yang berkualitas sebagai penerus dan pewaris bangsa sama artinya dengan membangun dan menyejahterakan kehidupan anak sedini mungkin. Kepada anak perlu diberikan bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bersusila, cerdas, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.


Sebagai kelompok penduduk berusia kurang dari 18 tahun, anak mempunyai potensi untuk dikembangkan agar dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan pada masa kini dan mendatang. Mereka adalah kelompok yang perlu disiapkan untuk kelangsungan bangsa dan negara. Mewujudkan anak sebagai generasi penerus yang berkualitas berimplikasi pada perlunya pemenuhan hak dan perlindungan anak. Komitmen untuk memberikan jaminan terpenuhinya hak dan perlindungan anak merupakan hak asasi manusia yang wajib dihormati, dan dijamin oleh negara, pemerintah, masyarakat, keluarga dan orang tua.


Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) XXVIII Tahun 2013 yang jatuh pada hari Selasa (23/7) dan mengambil tema Indonesia yang Ramah dan Peduli Anak Dimulai dari Pengasuhan dalam Keluarga merupakan saat yang tepat untuk merefleksi seberapa jauh keluarga kita telah memberikan yang terbaik buat anak sebagai calon generasi penerus bangsa. Hal ini mengingat bahwa keluarga adalah lingkungan yang pertama dan utama bagi anak, di mana mereka dibawah asuhan dan bimbingan orangtua mulai berlatih mengenal kehidupan dan membekali diri di segala aspek, sebelum terjun ke dalam lingkungan masyarakat….