Jumat, 17 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UNEJ Lantik 52 Insinyur Baru, Bersama-sama Maksimalkan Potensi Sumber Daya di Indonesia

UNEJ Lantik 52 Insinyur Baru, Bersama-sama Maksimalkan Potensi Sumber Daya di Indonesia

Jember, 3 Agustus 2023
Rektor Universitas Jember melantik 52 insinyur lulusan Program Studi Profesi Insinyur Fakultas Teknik Universitas Jember pada Kamis, 3 Agustus 2023. Kegiatan pelantikan insinyur ini berlangsung di Gedung Soetardjo Universitas Jember, yang turut dihadiri oleh Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Wilayah Jawa Timur Dr. Ir. Gentur Prihantono, S.P., S.H., M.T., I.P.U.

Prosesi Pelantikan Insinyur ditandai dengan pengalungan gordon oleh Rektor, pemakaian helm insinyur oleh Direktur Eksekutif PII, Penyerahan Sertifikat Profesi Insinyur oleh Dekan, dan pemberian ucapan selamat oleh Ketua PII Wilayah Jawa Timur, Ketua Prodi Program Profesi Insinyur, dan Sekretaris PII Cabang Jember.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Jember Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng., IPM. menyampaikan, “Saya berharap dengan lahirnya insinyur-insinyur baru ini dapat senantiasa mendedikasikan pengetahuan dan keahlian profesionalnya semata-mata untuk peningkatan kesejahteran masyarakat. Karena seorang insinyur merupakan salah satu tonggak dalam pembangunan bangsa, terutama pada setiap aspek pertumbuhan ekonomi global guna mengakselerasi pergerakan pembangunan di Indonesia.”

Senada dengan pernyataan Rektor UNEJ, Ketua PII Wilayah Jawa Timur, Dr. Ir. Gentur Prihantono, S.P., S.H., M.T., I.P.U., “Para insinyur yang telah dilantik hari ini datang dari berbagai bidang, oleh karena itu hasil pembelajaran yang telah diperoleh ke depannya dapat dijadikan bahan untuk menjadi insinyur profesional dengan memaksimalkan potensi sumber daya yang kita punya. Selain itu dengan gelar profesi yang telah disandang itu semoga senantiasa dapat menjalankan praktik keinsinyuran untuk menghasilkan karya terbaik dengan memegang teguh kode etik insinyur.”

“Saat ini pemerintah melalui Kementerian Perindustrian tengah fokus menjalankan kebijakan hilirisasi industri di tiga sektor yaitu industri berbasis agro, industri berbasis bahan tambang dan mineral serta industri berbasis migas dan batubara. Dengan dukungan ini, peran insinyur Indonesia di era transisi energi ini sangatlah signifikan untuk kemajuan pembangunan nasional. Selain itu insinyur juga berperan memberikan nilai tambah bagi hilirisasi industri dengan tambahan dukungan sertifikasi internasional yang difasilitasi oleh PII melalui kerja sama dengan pihak asing.” tutur Direktur Eksekutif PII, Ir. Habibie Razak, M.M., I.P.U., ASEAN Eng., ACPE., APECEng. dalam orasi ilmiahnya.

Acara pelantikan berlangsung dengan khidmat dan penuh makna, menandai tanda awal perjalanan para lulusan Program Studi Program Profesi Insinyur sebagai seorang insinyur dan resmi menyandang gelar insinyur (Ir.) di depan nama mereka.