Sabtu, 18 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Asesmen Madrasah Praktik Mapel Fiqih “Manasik Haji” di Edupark Karanganyar

Karanganyar-setelah selesai melaksanakan asesmen Madrasah tertulis, seluruh siswa kelas 9 MTs Negeri 4 Klaten harus mengikuti asesmen praktik untuk syarat kelulusan. Pada Sabtu (4/5) sebanyak 190 siswa kelas 9 mengikuti asesmen praktik untuk mata pelajaran fiqih yaitu latihan manasik haji. Kegiatan ini dilaksanakan di edupark Alaska yang bertempat di kecamatan mojogedang kabupaten Karanganyar. Seluruh peserta asesmen praktik dibagi menjadi 4 kelompok dengan satu karom (ketua rombongan) dan beberapa pendamping. Berangkat dari madrasah pada pukul 07.00 dengan menggunakan 4 bus besar dan satu bus kecil. Rombongan tiba di edupark Alaska sekitar pukul 09.30.

Sesampainya di edupark Alaska, setiap peserta wajib menunjukkan paspor yang sebelumnya telah diberikan oleh petugas dari edupark Alaska. Selanjutnya setiap ketua rombongan memimpin jamaahnya untuk memasuki Masjidil haram dan melakukan tawaf sebanyak 7 kali kemudian melaksanakan salat di belakang maqam Ibrahim dan dilanjutkan dengan minum air zam-zam. Setelah itu jamaah berlari-lari kecil di bukit shofa menuju bukit Marwah dan sebaliknya. Setiap jamaah menirukan doa yang diucapkan oleh ketua rombongan.

Ketua rombongan membawa jamaahnya untuk wukuf di Padang Arafah. Di tempat ini dilaksanakan khutbah kemudian ada jamaah yang adzan dilanjutkan kan salat dua rakaat. Setelah itu jamaah diajak ke Muzdalifah melewati terowongan Mina, dan melempar jumroh. Tak lupa dalam kegiatan ini siswa mengantongi kerikil yang akan dipakai untuk melempar jumroh. Jumrah yang pertama dilempari adalah jumroh aqobah, kemudian secara berurutan melempar jumroh ula, wustha, dan aqabah yang ditutup dengan membaca takbiran. Ketua rombongan juga menjelaskan kegiatan yang dilakukan secara nyata saat nanti berada di tempat melempar jumroh.

Setelah kegiatan melempar jumroh, ketua rombongan mengajak jamaahnya untuk menuju masjid Nabawi dan menjelaskan apa saja yang ada di masjid Nabawi dan tempat-tempat yang ijabah untuk berdoa. Kegiatan asesmen praktik mata pelajaran fiqih latihan manasik haji untuk kelas 9 ini ditutup dengan foto bersama di Jabal Rohmah.

Outbond di Kemuning

Kemuning-Setelah pelaksanaan asesmen praktik latihan manasik haji selesai, rombongan dari MTs Negeri 4 Klaten melanjutkan perjalanan menuju Kemuning. Kegiatan dilanjutkan dengan makan siang di Resto kemuning dan dilanjutkan dengan outbond yang dipandu oleh tim outbond. Setelah outbond siswa tubbing di Kalipucung dengan didamping ileh tim outbond. Tepat pukul 17.00 rombongan telah selesai berkegiatan dan meninggalkan lokasi untuk kembali ke madrasah. Rombongan sampai di madrasah sekitar pukul 20.00.

LY