Kamis, 16 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Vaksinasi Massal

Vaksinasi Massal

SMA Negeri 6 Pekanbaru Gelar Vaksinasi Covid-19 Massal

 

Rabu 06 Oktober 2021, SMA Negeri 6 Pekanbaru melaksanakan vaksinasi Covid-19 massal guna mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan vaksinasi kepada masyarakat. Vaksinasi dinilai sebagai salah satu upaya penting untuk dapat menekan laju penularan virus di masyarakat. Untuk dapat mencapai kekebalan komunitas, dibutuhkan setidaknya 70 persen dari jumlah penduduk di Indonesia. Program vaksinasi pun mulai dijalankan oleh pemerintah sebagai salah upaya untuk memutus rantai penyebaran infeksi virus Corona dan menekan angka kasus COVID-19.

Vaksin massal ini di berikan kepada siswa-siswi yang belum melaksanakan vaksin dan juga bagi siswa yang sudah melaksanakan vaksin tahap I. sebanyak 798 siswa vaksin tahap 1 dan 198 siswa tahap II.

Di kutip dari situs alodkter.com, Berikut Seputar Vaksin dan Hal-Hal yang Perlu Diketahui

Apa itu vaksin?

Vaksin adalah zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Kandungan vaksin dapat berupa bakteri atau virus yang telah dilemahkan atau dimatikan, bisa juga berupa bagian dari bakteri atau virus tersebut.

Vaksin dapat diberikan dalam bentuk suntikan, tetes minum, atau melalui uap (aerosol).

Apakah perlu melakukan vaksinasi?

Vaksinasi adalah proses pemberian vaksin ke dalam tubuh. Bila seseorang sudah mendapat vaksin untuk suatu penyakit, tubuhnya bisa dengan cepat membentuk antibodi untuk melawan kuman atau virus penyebab penyakit tersebut ketika nanti ia terpapar.

Oleh karena itu, vaksinasi penting dilakukan sebagai bentuk perlindungan diri terhadap penyakit, terutama pada masa pandemi COVID-19.

Apa bedanya vaksinasi dan imunisasi?

Imunisasi adalah proses pembentukan zat kekebalan tubuh (antibodi) terhadap penyakit tertentu setelah seseorang melakukan vaksinasi. Agar antibodi terbentuk, seseorang harus diberi vaksin sesuai dosis dan jadwal yang telah ditentukan.

Jadwal vaksinasi tergantung jenis vaksin yang akan diberikan dan kondisi kesehatan orang yang hendak menerima vaksin.

Untuk menjaga reaksi kekebalan tubuh terhadap COVID-19 dan variannya, pemberian vaksin COVID-19 dosis ketiga atau booster bisa dipertimbangkan. Namun, hingga kini pemerintah melalui Kementerian Kesehatan belum menganjurkan pemberian vaksin COVID-19 dosis ketika pada seluruh masyarakat.

Lantas, apa itu imunitas?

Imunitas atau daya tahan tubuh merupakan sistem perlindungan tubuh terhadap serangan penyakit.

Selain menjalani vaksinasi, mencukupi asupan nutrisi, beristirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, serta meredakan stres juga perlu dilakukan untuk memperkuat imunitas tubuh.

Mengapa vaksinasi itu penting?

Manfaat pemberian vaksin adalah mencegah penularan penyakit, terutama penyakit infeksi, karena vaksin membuat tubuh mengenali bakteri atau virus penyebab penyakit sehingga bisa lebih cepat memberikan perlawanan.

Bila Anda sudah mendapatkan jadwal vaksinasi COVID-19, sebaiknya lakukanlah vaksinasi sesuai jadwal. Tidak hanya untuk melindungi diri Anda sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitar Anda.

Setelah mendapatkan vaksin, Anda bisa melakukan tes serologis untuk melihat apakah tubuh Anda sudah membentuk antibodi atau kekebalan terhadap virus Corona. Namun, tes antibodi ini tidak diwajibkan untuk dilakukan pada populasi umum, melainkan hanya untuk peserta penelitian atau kelompok tertentu.