Minggu, 19 Mei 2024
Pondok Pesantren

Kesyukuran Menuju Usia 100 Tahun, Santri dan Alumni PMDG Adakan Khatmu-l-Qur’an Serentak

Kesyukuran Menuju Usia 100 Tahun, Santri dan Alumni PMDG Adakan Khatmu-l-Qur’an Serentak

DARUSSALAM- Sehari sebelum Sujud Syukur 100 Tahun Gontor, diadakan Khatmu-l-Qur’an serentak di seluruh kampus Gontor. Mulai dari Kampus Pusat, hingga kampus-kampus cabang baik putra maupun putri menggelar acara tersebut secara bersamaan pada hari Selasa, 26 September 2023.

Seluruh santri maupun santriwati mengkhatamkan Al-Qur’an di lokasi masing-masing, dengan kelompok yang sudah ditentukan. Para santri dan santriwati didampingi langsung oleh para guru yang disebar untuk membimbing serta mengawasi berjalannya acara.

Para santri mengikuti Khatmu-l-Qur’an di kelas-kelas yang telah dibagikan.

“Tujuan utama diadakannya agenda Khatmu-l-Qur’an adalah sebagai bukti kesyukuran kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang senantiasa melindungi pondok tercinta hingga di usianya yang menjelang 100 tahun,” tutur Al-Ustadz Zul Fadli pada sesi siaran langsung Khatmu-l-Qur’an di channel Youtube resmi Gontor TV.

Liputan Al-Ustadz Zul Fadli selaku Koordinator Acara Khatmu-l-Qur’an

Acara Khatmu-l-Qur’an sendiri terbagi menjadi 2 sesi acara, yakni setelah Zuhur atau pukul 13.45 sampai dengan Adzan Ashar. Dan dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu menjelang maghrib sampai dengan Adzan ‘Isya.

Berdasarkan informasi dari Al-Ustadz Zul Fadli selaku Koordinator Khatmu-l-Qur’an, seluruh cabang IKPM di penjuru dunia juga serentak mengadakan Khatmu-l-Qur’an di daerahnya masing-masing. Begitu pula dengan Pondok-pondok alumni Gontor yang turut berkecimpung dalam acara tersebut.

Puncak agenda Khatmu-l-Qur’an ini berlangsung di Masjid Jami’ PMDG, dengan dihadiri langsung oleh Pimpinan Pondok. Para Qori’ melantunkan ayat suci Al-Qur’an dari Surat Ad-Dhuha sampai dengan An-Nas sebagai pertanda selesainya agenda Khatmu-l-Qur’an tersebut.

Staf Hubungan Masyarakat PMDG.

Related Articles:

Pimpinan PMDG Berharap IKPM Gontor Tidak Hanya Bersifat Nostalgia Tapi Ditingkatkan ke Fungsional

Jelang Sujud Syukur 100 Tahun, PMDG Adakan Nobar “Jejak Langkah 2 Ulama”

PRESS RELEASE: Sujud Syukur & Khataman Al-Quran Serentak serta Penulisan Mushaf Tandai 100 Tahun Gontor