Sabtu, 29 Juni 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Menggalakkan Literasi Sekolah dengan Membaca Buku pada Kegiatan Jumat Bermakna

Menggalakkan Literasi Sekolah dengan Membaca Buku pada Kegiatan Jumat Bermakna

Semarang, 27 Oktober 2023 – SMK Negeri 1 Semarang kembali mengadakan kegiatan literasi siswa, 20 Oktober 2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XII pada jadwal Jumat Bermakna.

Kegiatan literasi ini selalu diselenggarakan pada setiap hari Jumat secara berkala dan terjadawal untuk kelas X, XI, XII. Kegiatan ini melibatkan bantuan walikelas, TIM literasi, TIM kesiswaan dan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Semarang, dan bantuan Bapak/Ibu Guru yang membantu.. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menggalakan literasi siswa dan guru serta karyawan, untuk mengetahui prestasi kemampuan membaca dan menulis sehingga pada tujuan akhir adalah mendapatkan prestasi serta bisa berprestasi di berbagai lomba tentang literasi.

Kegiatan literasi ini setiao minggunya menggunkann tema yang berbeda-beda mulai dari membaca, meresum dan membuat dokumentasi.

Harapan dari kegiatan literasi pada Jumat bermakna adalah untuk meningkatkan budaya membaca dan menulis di kalangan guru dan siswa. Dari hasil meresume dan mengumpulkan penugasan maka akan dipilih beberap siswa yang mempunyai potensi gemilang untuk lebih berkarya lagi di tingkat yang lebih tinggi misalnya mengikuti perlombaan ata menjadi narasumber bagi siswa-siswa.

Kepala SMK Negeri 1 Semarang, Dra. Ummi Rosydiana, M.Par., menyampaikan apresiasinya yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan literasi sekolah yang berjalan lancar dan banyak menghasilkan karya seperti puisi, cerita pendek dan PPT. Beliau berharap kegiatan ini terus digalakkan sehingga dapat meningkatkan budaya membaca dan menulis dikalangan siswa dan guru.

-Sulistiyorini, S.Pd, TIM Literasi Sekolah SMK Negeri 1 Semarang