Senin, 01 Juli 2024
Sekolah Menengah Atas

SMAHA Kuatkan Implementasi Sistem Aplikasi “Sekolahku”

SMAHA Kuatkan Implementasi Sistem Aplikasi “Sekolahku”

Revolusi Industri 5.0 merupakan konsep yang lahir di Jepang sabagai respon terhadap perkembangan teknologi digital yang semakin pesat. Konsep ini bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang berfokus pada kesejahteraan manusia dengan memanfaatkan teknologi dan inovasi. Pada era ini, pendidikan memainkan peran penting dalam mempersiapkan individu untuk menghadapi perubahan ini. 

Guru sebagai salah satu komponen yang sangat penting dalam dunia pendidikan memiliki peran yang signifikan untuk membangun cara berpikir siswa dalam mengikuti perkembangan teknologi. Untuk itu, dalam menyiapkan peserta didik yang siap menghadapi Revolusi Industri 5.0, guru sebagai motivator, fasilitator, dan pendamping proses pembelajaran harus memiliki banyak strategi dan pengalaman terutamanya dalam menggunakan platfrom pembelajaran.

“Didiklah anak sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup pada zamannya, bukan pada zamanmu”, Ali Bin Abu Thalib. Sesuai dengan hadis tersebut, SMA Islam Hidayatullah (SMAHA) di bawah naungan LPI Abul Yatama Semarang terus berupaya untuk memberikan pelayanan pendidikan terbaik yang sesuai dengan zaman. Senin, 24 Juni 2024 guru SMAHA mengikuti Hidayatullah Teacher Training 2024:  Sosialisasi dan Penguatan Implementasi Sistem Sekolahku. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang meeting SMAHA ini juga diikuti oleh guru SMP Hidayatullah. 

Kegiatan sosialisasi diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne dan Mars Hidayatullah, serta sambutan. Direktur LPI Hidayatullah, Bapak Eko Wahyu Diyono, S.Si., M.Pd., dalam sambutannya mengajak seluruh peserta kegiatan untuk terus bersinergi dan berkolaborasi untuk mengagungkan syariat Islam di muka bumi. “Sebagai sesama lembaga Islam, Al Hikmah menjadi salah satu rujukan LPI Hidayatullah. Sejak 2005 LPI Hidayatullah sering mengadakan pelatihan dengan Al Hikmah. Tahun ajaran baru 2024/2025 nanti menjadi tahun ketiga SMP & SMA Hidayatullah dalam menggunakan aplikasi E-Sekolahku yang diprakarsai oleh lembaga Al Hikmah”, tambah Bapak Eko.

Bapak Dr. Gatot Sulanjono, M.Pd., selaku Kepala Sekretariat dan Kehumasan LPI Al Hikmah turut hadir dalam kegiatan dan menceritakan sedikit tentang perkembangan aplikasi E-Sekolahku. Tidak hanya sendiri, beliau juga didampingi oleh Bapak M. Farkhan Habib, M.Pd., selaku Manajer Sekolahku Al Hikmah Surabaya. “Modul pada aplikasi E-Sekolahku dirancang sebagai sarana yang memudahkan siswa dalam  pembelajaran. Mari bersama-sama melalui E-Sekolahku kita menyiapkan generasi beradab menuju era industri 5.0”, tutur Bapak Farkhan.

Bapak Farkhan juga memberikan waktu untuk peserta kegiatan menyampaiakan pengalaman, kendala, serta plus/minus yang ditemui saat menggunakan aplikasi E-Sekolahku. Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab.