Selasa, 18 Juni 2024
Sekolah Menengah Atas

Akhirusannah SMAHA Angkatan XXIII : Tabur Gagasan, Petik Perubahan, Raih Impian di Masa Depan

Akhirusannah SMAHA Angkatan XXIII : Tabur Gagasan, Petik Perubahan, Raih Impian di Masa Depan

Akhirussanah atau yang biasa dikenal wisuda merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada siswa yang telah menyelesaikan pendidikannya dengan baik. Rabu, 22 Mei 2024, SMAHA menggelar Akhirusannah Angkatan XXIII dengan tema “Tabur Gagasan, Petik Perubahan, Raih Impian di Masa Depan”. Kegiatan yang dilaksanakan di aula SMAHA ini dihadiri oleh seluruh siswa kelas XII beserta orang tua, ketua yayasan Abul Yatama beserta jajarannya, dan tamu undangan lainnya. 

Kegiatan akhirussanah ini diawali dengan khataman Qur’an bersama. Para peserta kegiatan mengikuti khataman dengan khusyuk. Kebahagiaan semakin terasa ketika pemutaran video “Zevontress”, sebutan angkatan mereka. Video tersebut mengingatkan memori berbagai kegiatan selama belajar di SMAHA, mulai dari MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) hingga saat menjelang ujian. 

Ketua Yayasan Abul Yatama, Bapak Umar Toha M.B.A., mengucapkan selamat kepada para wisudawan angkatan XXII yang telah menyelesaikan pendidikan di SMAHA dengan baik. Beliau juga memberikan pesan kepada para wisudawan agar selalu tawadhu dan selalu mengingat bahwa prestasi yang didapatkan itu karena doa orang tua dan ridho Allah Subhanahu Wata’ala. Begitupula kepala SMAHA, Ibu Etik Ningsih, S.Pd., juga memberikan motivasi kepada para wisudawan untuk tetap melanjutkan kebiasaan baik yang sudah ditanamkan di sekolah selama ini. 

Sambutan perwakilan siswa dan perwakilan orang tua melengkapi acara wisuda. Lilyana N dan M. Zaki W mengungkapkan rasa terima kasih kepada bapak/ibu guru yang telah membimbing mereka selama ini. Bapak Ardan Sirojudin, M.Pd., mewakili orang tua/wali murid juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan bapak/ibu guru kepada para siswa, serta karyawan yang telah memberikan pelayanan yang baik. “Mendidik di era saat ini memiliki tantangan yang sangat luar biasa. Alhamdulillah anak-anak SMAHA tumbuh menjadi generasi yang cerdas disertai ilmu agama yang baik. Saya sendiri sudah merasakan perubahannya melalui anak saya”. Beliau berharap agar SMAHA semakin maju untuk mencetak generasi yang gemilang. 

Disela-sela sambutan, perwakilan siswa SMAHA kelas XII memberikan persembahan terakhirnya berupa tari Nirmala serta penampilan akustik. Tak lupa, ada beberapa persembahan dari kelas X dan XI berupa chorral speaking, tari, dan teater yang menambah kebahagiaan momen berharga ini. Seluruh peserta kegiatan tampak menikmati acara tersebut.

Waka kesiswaan bidang kurikulum, Bapak Taufik Nur Hidayat S.Pd., mengumumkan penghargaan bidang akademik yang telah diperoleh siswa. Penghargaan bidang akademik, setiap program studi diambil tiga besar peringkat paralel. Untuk program studi MIPA, Zahra Nabiha Adin (XII MIPA 2-peringkat 1), Hasan Tsabit A (XII MIPA 1-peringkat 2), dan Moktika Chaitra K (XII MIPA 2-peringkat 3). Sedangkan untuk program studi IPS, Muhammad Akhtar Fazel QS  (XII IPS 1-peringkat 1), Salsabila MJ (XII IPS 2- peringkat 2), dan Muchammad Deneb LG (XII IPS 1- peringkat 3). 

Penghargaan “Duta Sekolah” juga diberikan kepada siswa 29 yang berhasil meraih piagam dan juara pada bidang nonakademik. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada 13 siswa yang menyandang  “The Most Loyal Student”, yaitu siswa yang menempuh pendidikan satu atap di LPI Hidayatullah mulai dari PAUD, SD, SMP, hingga SMA. Tak lupa, penghargaan The Best Akhlak Terpuji juga diberikan kepada RM. Hadyandra Dhani A dan Asiyah Muna K, yang telah memenuhi beberapa kriteria antara lain rajin beribadah, gemar berorganisasi, dan beberapa kriteria lainnya.

Suasana akhirussanah pecah saat perwakilan wisudawan yang hadir di sekolah memberikan kejutan kepada bapak/ibu guru dengan menyanyikan lagu terimakasihku, membacakan puisi, dan memberikan bunga, sebagai rasa terima kasih. 

Acara dilanjutkan dengan pelantikan wisudawan yang dilaksanakan oleh Ibu Etik Ningsih, S.Pd., (kepala SMAHA), bapak Eko Wahyu Diyono S.Si., M.Si.,  (direktur LPI Hidayatullah), dan bapak Umar Toha, M.B.A., (ketua yayasan Abul Yatama). Proses pelantikan berlangsung secara khidmat.

Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dan membaca doa kafaratul majlis. Semoga angkatan XXIII ini bisa menggapai asa dan cita yang diinginkan. Sukses selalu.