Sabtu, 29 Juni 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

STEMSA SUMBANG 1 EMAS UNTUK JATENG DI AJANG LKS NASIONAL 2023

STEMSA SUMBANG 1 EMAS UNTUK JATENG DI AJANG LKS NASIONAL 2023

Lomba kompetensi Siswa  (LKS) adalah ajang unjuk kemampuan dan ketrampilan bagi siswa SMK. LKS diselenggarakan berjenjang dari tingkat kab/kota hingga tingkat nasional bahkan bagi yang juara nasional akan dikirim mewakili Indonesia di ajang word skill Competitions (WSC). Dan tahun ini ajang LKS nasional ke XXXI di gelar di Surabaya Jawa Timur mempertemukan juara juara di tingkat provinsi se Indonesia.

Jawa tengah ikut anbil bagian diajang LKS Nasional dengan mengirimkan jawara tingkat provinsi dari 37 mata lomba yang diperlombakan. Berangkat dengan menggunakan 2 armada bus membawa 44 peserta dan 37 pembimbing dan diberangkatkan pada tanggal 23 Oktober 2023 pagi dari Hotel Grasia Semarang. Sebelumnya tim jateng dikumpulkan di hotel grasia dari tanggal 22 oktober sampai 23 Oktober 2023  untuk dilakukan pembekalan sekaligus pengukuhan tim oleh Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi JawaTengah.

SMK Negeri 01 Semarang mengirimkan 2 tim dengan 2 pembimbing. Masing-masing adalah mata lomba  Alat berat ( Heavy Equipment) dengan 2 peserta dan 1 pembimbing dan mata lomba teknik perancangan pemesinan  CAD (Mechanical Engineering CAD) dengan 1 peserta dan 1 pembimbing. Di ajang ini alat berat sementara belum mendapatkan mendali.

Kegiatan LKS Nasional dimulai tgl 23 oktober dengan kedatangan tim di Surabaya dan bertempat di SMK 5 Surabaya. Setelah sampai tim menurunkan peralatan yang akan digunakan dan melakukan familirisasi tempat dan peralatan. Hari kedua , selasa 24 Oktober dilakukan pembukaan bertempat di auditorium  Universitas Airlangga dari jam 08.00 hingga 13.0 WIB dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Jawa Timur. Pukul 14.00 di hari yang sama dilakukan temu teknik dengan tim juri di SMKNegeri 5 Surabaya.

Hari ke-3 dan ke-4atau Rabu dan kamis tanggal 25 dan 26 Oktober proses perlombaan.  Khusus mata lomba Mechanical Engineering CAD, diikuti 0leh 20 provinsi dengan 20 peserta.  Tim juri CAD terdiri dari 5 orang  yang berasal dari BBPPMPV BOE, PT Inovasi CAD Indnesia, PT denso Indonesia, PT Promanufacture Indonesia dan PT Taihei dengyo Indonesia. Diajang ini Bagus Syaiful fadli yang didampingi Bpk/ Lis Prasetyo mampu menyabel mendali emas mengungguli  Jawabarat dan kepulauan Riau di Urutan 2 dan 3. Atas prestasinya Bagus mendapatkan tawaran beasiswa kuliah gratis dari Politeknik Astra Jakarta.

(Sunar-Humas Stemsa)