Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Bilingual Class of MTsN 7 Jember Goes to SMP Tiga Bahasa Rukun Harapan

Bilingual Class of MTsN 7 Jember Goes to SMP Tiga Bahasa Rukun Harapan

Umbulsari — Studi banding merupakan salah satu kegiatan belajar yang paling ditunggu-tunggu oleh siswa. Melalui kegiatan ini, para siswa selain dapat menambah wawasan dan pengetahuan juga dapat membangun motivasi belajar menuju perubahan yang lebih baik. Dalam menunjang kompetensi siswa dalam berbahasa Inggris, pada Rabu (15 November 2023) MTs Negeri 7 Jember melaksanakan kegiatan studi banding ke SMP Tiga Bahasa Rukun Harapan yang terletak di Jl. R.A. Kartini No.58, Tembaan, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember. Studi banding ini diikuti oleh 2 kelas bilingual MTs Negeri 7 Jember yang meliputi kelas 7E dan 8E serta didampingi langsung oleh para pembina. Kegiatan hari ini juga dihadiri oleh Kepala MTsN 7 Jember, Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd. dan kepala SMP Tiga bahasa Rukun Harapan, Valentinus Riyanto.

Studi banding dibuka dengan penampilan instrumen tradisional China, Dagu yang ditampilkan oleh para siswa SMP Tiga Bahasa Rukun Harapan. Kunjungan kali ini, MTs Negeri 7 Jember disambut dengan antusias dari pihak SMP Rukun Harapan. Pada sambutan kepala sekolah, Valentinus Riyanto menyampaikan bahwa SMP Rukun Harapan sangat senang dengan adanya studi banding diantara kedua sekolah sehingga dapat dijadikan referensi sekaligus evaluasi bagi perubahan yang lebih baik lagi bagi kedua sekolah. SMP Rukun Harapan merupakan salah satu sekolah yang menggunakan tiga bahasa selama pembelajaran diantaranya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Tiongkok. Sekolah ini baru berusia sekitar 4 bulan dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Sebelumnya yayasan Rukun Harapan sudah memiliki sekolah dalam jenjang Playgroup (PG), Taman Kanak-Kanak (TK), dan Sekolah Dasar (SD). Kegiatan pembelajaran di SMP Rukun Harapan tidak hanya dilakukan di dalam kelas saja, tetapi juga dilakukan di luar kelas. Di akhir sambutannya, beliau berharap dengan adanya kegiatan ini anak-anak dapat berkolaborasi dan memanfaatkan pertemuan diantara kedua sekolah dengan baik. Sambutan ditutup dengan kata-kata penyemangat “Selamat berkolaborasi. Selamat berjuang. Mari bersama-sama berjuang melawan kebodohan”.

Kegiatan dimulai dengan pembagian kelompok siswa dimana setiap kelompok terdiri dari 14 siswa MTsN 7 Jember, dan 5 siswa dari SMP Rukun Harapan. Setiap sesi kegiatan akan didampingi oleh 1 pembimbing dari SMP Rukun Harapan. Terdapat 5 sesi yang terdiri dari grammar class, reading class, crafting class, listening class and speaking class. Para siswa diberikan beberapa pertanyaan dan games baik secara individu maupun kelompok. Secara bergantian setiap kelompok akan berpindah kelas sesuai dengan urutan kelompok masing-masing. Siswa diberikan kesempatan untuk bekerja sama dan berdiskusi menyelesaikan beberapa pertanyaan maupun games. Siswa juga diminta untuk berinteraksi serta mengenal satu sama lain dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi antar kedua sekolah. Selain siswa, para pembimbing juga saling berbagi informasi terkait buku dan kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran.

Setelah seluruh sesi sharing berakhir, seluruh pembimbing dan siswa berkumpul kembali untuk acara penutupan studi banding. Kegiatan ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan dari perwakilan siswa dan diakhiri dengan foto bersama MTs Negeri 7 Jember dengan SMP Tiga Bahasa Rukun Harapan, Jember. Semoga kegiatan positif seperti ini akan lebih sering dilakukan untuk dapat mengembangkan wawasan siswa dalam berbahasa Inggris.

@femda