Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Visitasi dan Penilaian Calon Sekolah Adiwiyata Kabupaten Jember 2023

Visitasi dan Penilaian Calon Sekolah Adiwiyata Kabupaten Jember 2023

Umbulsari – MTs Negeri 7 Jember menggelar kegiatan Visitasi dan Penilaian Calon Sekolah Adiwiyata Kabupaten Jember Tahun 2023 pada hari Kamis (16/11/2023). Acara ini dihadiri oleh Kepala Seksi Bidang Pendidikan Madrasah, Kepala Bidang Dinas Lingkungan hidup beserta jajarannya, serta Kepala MTs Negeri 7 Jember, panitia, dan koordinator Adiwiyata. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi program adiwiyata yang telah dilaksanakan di MTs Negeri 7 Jember.

Kepala MTs Negeri 7 Jember, Ihsanuddin, S.Pd, M.Pd memberikan sambutan yang pertama pada acara ini.
“Beberapa alasan MTs Negeri 7 Jember mengikuti program adiwiyata karena madrasah ini telah melakukan beberapa rencana aksi lingkungan seperti kebijakan madrasah, kurikulum madrasah, kegiatan partisipatif madrasah, sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh madrasah” Jelasnya dalam sambutan.

Sambutan yang kedua disampaikan oleh Perwakilan dari KASI Pendma Kemenag Kab. Jember. Beliau menyampaikan bahwa madrasah yang diberi penghargaan adiwiyata harus sudah melaksanakan adiwiyata minimal satu tahun dan hal ini juga ada kaitannya dengan dokumen 1 yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran harus berkaitan dengan lingkungan hidup.

Sambutan yang ketiga disampaikan oleh Mentik Diah Andayani, S.H selaku tim penilai dari Dinas Lingkungan Hidup. Beliau menyampaikan sekolah adiwiyata ini berkelanjutan, bukan hanya sampai disini saja apabila telah ditetapkan maka harus terus dijalankan yang menjadi penilaian pada aspek-aspek sekolah adiwiyata.

Kegiatan dilanjutkan dengan penutupan yang dipimpin doa oleh Bapak Soim, S.Pd.I. Setelah kegiatan ceremonial, tim penilai memberikan penilaian dokumen dan lapangan. Penilaian dokumen oleh Mentik Diah Andayani dan Habib Rois. Penilaian lapangan oleh Ahmad Sugiarto dari Bank Smpah Indonesia dan Arif dari Dinas Lingkungan Hidup.

Berdasarkan penilaian dokumen dan lapangan, maka pada pukul 15.00 WIB MTs Negeri 7 Jember ditetapkan sebagai Madrasah Adiwiyata oleh Tim Penilai Dinas Lingkungan Hidup.

@olik