Minggu, 19 Mei 2024
Pondok Pesantren

Regenerasi Pengurus OPPM & KGP, Wadah Untuk Belajar Organisasi

Regenerasi Pengurus OPPM & KGP, Wadah Untuk Belajar Organisasi

DARUSSALAM- Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mendidik santrinya lewat organisasi. Baru-baru ini, PMDG telah mengadakan Pergantian Pengurus OPPM dan Koordinator Gerakan Pramuka. Sejumlah siswa kelas 5 KMI dilantik menjadi pengurus baru untuk menggantikan para pengurus lama.

Sebelum dilantik, para calon pengurus telah melewati rentetan demi rentetan kegiatan mulai dari pengukuhan, serah terima amanat dan diakhiri dengan pelantikan. Pengurus baru OPPM dilantik tepat pada hari Senin (20/11). Sedangkan pengurus Koordinator dilantik berselang satu hari setelahnya, yaitu Selasa (21/11)

Pengukuhan bagian-bagian pengurus OPPM dan KGP.

Tidak hanya menyaksikan pelantikan pengurus baru, para santri juga mendengarkan laporan hasil usaha dari pengurus lama yang telah bekerja di bagiannya selama satu tahun menjabat. Selanjutnya, pengurus lama menyerahkan amanatnya kepada pengurus baru dengan disaksikan Pimpinan Pondok, dan seluruh warga OPPM.

Nantinya para pengurus barulah yang akan mengkoordinir jalannya kegiatan yang ada di PMDG selama satu tahun mendatang. Mereka akan menggantikan peran dari pengurus lama, yaitu siswa akhir KMI yang akan segera menghadapi ujian akhir beberapa bulan mendatang.

Pengurus OPPM lama dan baru memasuki ruang pertemuan.

Rentetan demi rentetan kegiatan tersebut secara tidak langsung melatih dan mendewasakan para santri. Mereka dituntut untuk mengerjakan tugas yang telah diamanati sebaik mungkin, serta melaporkan hasil usaha yang telah dikerjakan.

Pelantikan pengurus baru KGP.

Selain itu, para santri juga terlatih untuk rapi dalam mengurusi perihal keadministrasian. Segalanya dikerjakan dengan sistematis dan teratur untuk mencegah adanya kesalahan dalam kepengurusan. Sebab administrasi yang rapi hukumnya mutlak untuk menjaga kepercayaan.

Demikianlah cara PMDG mendidik santrinya melalui organisasi. Mereka tidak sekedar diberikan teori, namun juga diberikan wadah untuk mengaplikasikannya sebagai bekal menjadi pemimpin di masa yang akan datang.

(Berita: Mahadi, Foto: Chauza, Ibad, Reviewer: Taufiq Affandi).

Related Articles:

Demonstrasikan Miniatur Berorganisasi dalam Pemilihan Ketua Rayon

Perlunya Laporan Hasil Usaha dalam Sebuah Organisasi Untuk Meningkatkan Kepercayaan – Sidang Mingguan OPPM

Tes Kepahaman Berorganisasi Melalui Ujian AD/ART