Sabtu, 29 Juni 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

PEMILOS SMK NEGERI 01 SEMARANG TAHUN 2024

PEMILOS SMK NEGERI 01 SEMARANG TAHUN 2024

Kegiatan Pemilos (Pemilihan Ketua Osis) merupakan kegiatan yang rutin di lakukan setiap satu tahun sekali, yang bertujuan untuk melatih mempersiapkan diri sebelum mereka memanfaatkan haknya sebagai warga negara dalam pemilihan umum.

Pada Kegiatan Pemilos Tahun ini terdapat 3 Paslon Ketua dan Wakil Ketua Osis.

  1. Kandidat PASLON 1 : Muhammad Wahyu. F dari kelas XI TO 5 (sebagai calon Ketua Osis) dan Ahmadinejad A.FA.A dari kelas X BC 2 (Sebagai Calon Wakil Ketua Osis),
  2. Kandidat PASLON 2 : Selvi Nur Azizah dari kelas XI TO 4 (Sebagai calon Ketua Osis) dan Aulia Khuzaima dari kelas X TE 4 (Sebagai calon wakil ketua osis)
  3. Kandidat PASLON 3 : Dzaki Nauval Yuliyanto dari kelas XI TO 5 (sebagai calon Ketua osis) dan Aulia Tristiyani Lailatul Izza dari kelas X TL 1 (Sebagai calon wakil ketua osis)

Sebelum memasuki ke tahap PEMILOS, ketiga paslon tersebut sudah melakukan orasi dan debat calon ketua dan wakil osis, yang dimana mereka menjelaskan tentang visi dan misi yang mereka punya untuk kemajuan SMK N 1 Semarang, pada hari JUMAT tanggal 5 JANUARI 2024

Tiba saatnya, PEMILOS yang diadakan pada hari RABU tanggal 10 JANUARI 2024. PEMILOS ini dilakukan layaknya proses pemilihan umum, yang dimana terdapat anggota MPK (Majelis Perwakilan Kelas) sebagai organisasi yang bertugas mengawasi kerja OSIS dalam menjalankan tugasnya selama jabatannya berlangsung. MPK disini menjadi panita KPU, untuk menyiapkan segala kebutuhan dan kelengkapan pada saat Pemungutan Suara dilakukan. Untuk mengantisipasi agar beberapa siswa/i mungkin yang belum mengetahui bagaimana cara melakukan pemungutan suara, para anggota KPU membuat video yang berupa panduan untuk melakukan pemungutan suara.

Pada saat PEMILOS ini pun terlihat bahwa seluruh Warga SMK N 1 Semarang sangat antusias sekali untuk menyuarakan pilihannya. PEMILOS dilaksanakan di Aula SMK N 1 yang didampingi oleh Pembina OSIS dan MPK SMKN 1 Semarang, Panitia KPU, BAWASLU, dan juga Saksi setiap PASLON. Pemungutan suara pun dilakukan secara bergilir dari setiap kelasnya.

Kusuma Daffa . N selaku Ketua KPU mengatakan bahwa, sempat terjadi kesalahan teknis yang ada saat pemilihan berlangsung, namun sudah bisa di tangin saat itu juga dengan sigap dan KPU sedndiri bekerjasama dengan BAWASLU untuk mengantisipasi warga SMKN 1 Semarang agar tidak golput.

Setelah adanya PEMILOS, selanjutnya diadakan penghitungan suara yang dilaksanakan hari KAMIS tanggal 11 JANUARI 2024, bertepatan di Aula SMKN 1 Semarang yang dihadiri oleh Wakil Kepala bidang Kesiswaan, Pembina OSIS dan MPK, 3 PASLON Ketua dan Wakil OSIS, Saksi, dan juga seluruh anggota KPU.

Suasana pada saat penghitungan suara sangat kondusif, namun dari masing-masing PASLON terlihat tegang karna menunggu hasil dari pemungutan suara tersebut. Hingga pada akhirnya, hasil pemungutan suara telah keluar dan PASLON 1 yang memiliki suara terbanyak dan menjadikan mereka sebagai Ketua dan Wakil OSIS tahun 2024.

Ibu Marsilah,S.Pd. selaku pembina OSIS dan MPK berpesan bahwa, Untuk calon yang terpilih semoga dapat mengaspirasikan suara dari teman – teman warga SMK N 1 Semarang berupa kegiatan – kegiatan yang mereka inginkan, yang nantinya akan di usung menjadi Program Kerja, yang tentunya bersinergi dalam sekolah kita yaitu Sekolah Integritas.

Penulis : Eko Ananto, S.I.Kom (Tim Humas STEMSA)