Senin, 01 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Mengenang 58 Tahun Gugurnya Sang Pahlawan Ampera Hasanuddin Madjedi

Mengenang 58 Tahun Gugurnya Sang Pahlawan Ampera Hasanuddin Madjedi

Banjarmasin- Ikatan Alumni Universitas Lambung Mangkurat (IKA ULM) pada Selasa, 27 Februari 2024 melakukan ziarah untuk memperingati gugurnya Pahlawan Ampera  Hasanuddin Madjedi di Kompleks Makam Pangeran Antasari di Kuburan Muslimin Banjarmasin. Perjuangan mahasiswa dan pemuda untuk menegakkan Tiga Tuntutan Rakyat (Tritura) terjadi setelah Gerakan 30 September 1965, dan salah satu pejuang mahasiswa yang terlibat adalah Hasanuddin Madjedi yang merupakah salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat.

Hasanuddin Bin Haji Madjedi adalah mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat yang lahir pada 28 Desember 1945 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dan meninggal pada 10 Februari 1966 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada usia 20 tahun. Hasanuddin Madjedi meninggal saat berdemo menentang pemerintahan Orde Lama di bawah Presiden Soekarno. dinobatkan sebagai Pahlawan Amanat Pembelaan Rakyat (AMPERA) dari Banjarmasin dan dimakamkan di dekat Makam Pangeran Antasari.

Ziarah ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Muhamad Rusmin Nuryadin, SE., M.Si, Ketua IKA ULM, HG (P) Rusdi Effendi AR beserta para pengurus IKA ULM lainnya, yang diikuti oleh alumni dan juga mahasiswa dan ormawa ULM. Peringatan dilakukan dengan cara melakukan ziarah dan juga tabur bunga di makam Pahlawan Ampera di Kompleks Makam Pangeran Antasari.