Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

ULM Ikut Berpartisipasi dalam World Water Forum 2024 di Bali

ULM Ikut Berpartisipasi dalam World Water Forum 2024 di Bali

Delegasi Universitas Lambung Mangkurat pada World Water Forum 2024 di Bali yang diwakili oleh Unit Penunjang Akademik Lingkungan Lahan Basah yang berkolaborasi dengan Balai Wilayah Sungai Kalimantan III Banjarmasin turut serta dalam kegiatan World Water Forum 2024 di Bali selama 18-25 Mei 2024 yang lalu.

Koordinator delegasi ULM, Ibu Dr.Eng. Maya Amalia, ST, M.Eng selaku Kepala UPA Lingkungan Lahan Basah membawa 2 produk unggulan hasil inovasi ULM, yang pertama Fakultas MIPA yaitu berupa Alat Water Treatment hasil karya Bapak Dr. Totok Wianto dan tim yang mampu menjadikan air gambut menjadi air layak minum dengan kapasitas antara 1-2 litr/menit, alat ini juga handal untuk peralatan setelah kejadian bencana hidrologi seperti banjir karena juga dilengkapi dengan solar cell. Produk kedua yaitu pupuk organic berbahan baku Eceng Gondok karya dari Fakultas Pertanian dengan Ibu Dessy Maulidya Maharani, M.Si dan tim.

Kedua produk tersebut merupakan daya tarik tersendiri para pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri, terlebih alat water treatment mendapat perhatian khusus dari Kementerian PUPR dan beberapa Balai Wilayah Sungai telah melakukan koordinasi khusus terkait pengembangan produk dengan tim pakar ULM. Perhatian khusus juga oleh delegasi manca negara yang tertarik untuk pemanfaatan produk di negara mereka khususnya Brazil. Kesempatan mengikuti pameran yang diberikan oleh Balai Wilayah Sungai Kalimantan III, melalui Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan III I Putu Eddy Purna Wijaya, MT sangat berdampak baik terhadap ULM dalam menuju World Class University.