Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Dalam Sepekan Mahasiswa Teknologi Pendidikan Raih 5 Prestasi Nasional

Dalam Sepekan Mahasiswa Teknologi Pendidikan Raih 5 Prestasi Nasional
Penulis (M. Rizal – Mahasiswa Teknologi Pendidikan FKIP)

Kabar baik datang dari Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat yang kembali mengukir prestasi di tingkat nasional. Program studi yang baru berdiri satu dasawarsa ini memang terkenal karena beragam prestasi yang membanggakan dari para mahasiswanya. Bahkan di tahun 2022 hingga 2023 tercatat dari data yang dimiliki oleh Departemen Bakat dan Minat Mahasiswa (BAKMINWA) Himpunan Mahasiswa Teknologi Pendidikan FKIP ULM (HIMA TEKPEND FKIP ULM) ada lebih dari 100 prestasi dari berbagai tingkatan yang berhasil diraih oleh para Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat tersebut.

Dalam satu pekan ini saja, setidaknya ada 5 prestasi tingkat nasional yang telah diraih oleh Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Sebanyak 4 prestasi didapatkan dari lomba media pembelajaran dan 1 prestasi diraih dari lomba fotografi esai. Berikut ini adalah 5 prestasi yang diraih dalam kurun waktu satu minggu ini

Prestasi pertama yakni diraih oleh Rosinta Nur Aisya, Nurul Kamariah dan Siti Fatimah yang merupakan Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat angkatan 2021 dan tergabung dalam Tim Serendipity yang meraih Juara 1 Lomba Media Pembelajaran (LOMAPEL) Educational Days UKM FKIP Mengajar Universitas Lambung Mangkurat berkat karya media pembelajaran berjudul IDU: Islamic Education. Kepastian itu didapatkan setelah pengumuman lomba yang dilangsungkan pada tanggal 15 Mei 2024 kemarin.

Keesokan harinya pada tanggal 16 Mei 2024 kembali kabar baik menyelimuti mahasiswa teknologi pendidikan, hal ini karena M. Rizal Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Lambung Mangkuratangkatan 2020 yang juga jebolan mahasiswa berprestasi ULM tahun lalu itu meraih predikat sebagai Juara 3 Lomba Fotografi Esai Jurnalistik Unit Aktivitas Pers Kampus Mahasiswa Kavling10 Universitas Brawijaya. Karya fotografi esai tersebut berjudul “Matahari dari Bumi Banjar Jaddina Maulana Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari”, karya tersebut mengemas beberapa moment ketika Haul Datu Kelampayan yang ke-218 yang lalu serta menceritakan biografi ulama besar dari bumi banjar tersebut.

Selanjutnya prestasi ketiga diraih oleh Tim Majelis Teknologi Pendidikan yang beranggotakan M. Rizal, Akhmad Fadhil Amara, Arif Rahman dan Muhammad Ihsan. Keempat Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat dari lintas angkatan itu berhasil keluar sebagai Juara 1 Lomba Media Pembelajaran Nasional EduTech Series Competition Vol 1 Ikatan Mahasiswa Teknologi Pendidikan Seluruh Indonesia (IMATEPSI) di Universitas Negeri Surabaya pada 19 s.d 20 Mei 2024 yang lalu. Tim Majelis Teknologi Pendidikan dari Universitas Lambung Mangkurat berhasil mengungguli tim lainnya dari Universitas Negeri Jakarta dan Universitas Negeri Yogyakarta yang keluar sebagai juara kedua dan ketiga.

Sedangkan dua prestasi lainnya di raih oleh dua tim yang berbeda pada satu kompetisi yang sama. Cabang lomba Media Pembelajaran Digital Nasional Aruh Bubuhan Sosiologi XV Twilight HMPS Universitas Lambung Mangkurat kembali bergetar setelah dua tim Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat meraih juara secara bersamaan. Juara pertama diraih oleh Tim Majelis Teknologi Pendidikan yang beranggotakan M. Rizal dan Zairida Isra Alifa. Sedangkan Wildan Tamami, Annida Zulfa dan Muhammad Ihsan harus puas berada di juara ketiga dalam kompetisi tersebut.

Sumbangsih prestasi dari para Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat ini tak terlepas dari peran Himpunan Mahasiswa Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Lambung Mangkurat (HIMA TEKPEND FKIP ULM) melalui Departemen Bakat dan Minat Mahasiswa (BAKMINWA). Departemen BAKMINWA sendiri telah melakukan pendataan potensi mahasiswa dalam berbagai bidang dan telah membuat beberapa komunitas untuk wadah belajar dan berkolaborasi. Beberapa komunitas yang telah dibentuk yakni media pembelajaran, fotografi, desain grafis, karya tulis ilmiah dan sastra, badminton, tenis meja, basket, futsal hingga komunitas e-sport.

Haida Nabila selaku Kepala Departemen Bakat dan Minat Mahasiswa (BAKMINWA) mengungkapkan bahwa dibentuknya grup tersebut sebagai wadah dari minat dan bakat mahasiswa teknologi pendidikan. “Pembuatan komunitas di bakminwa mulanya dari pendataan minat dan bakat mahasiswa teknologi pendidikan dan terdorong keinginan untuk mewadahi setiap minat maupun bakat dari mahasiswa teknologi pendidikan. Tentunya, keinginan tersebut terwujud dan terlaksana hingga kini, berkat para pengurus terdahulu dan kerja sama dari seluruh mahasiswa teknologi pendidikan. pungkasnya.

“Tujuan utamanya tentu untuk menyediakan wadah bagi mahasiswa untuk mengeksplor minat dan mengembangkangkan bakat setiap mahasiswa. Selain itu, untuk mendekatkan setiap angkatan dari mahasiswa teknologi pendidikan. Bakminwa sejauh ini mengupayakan pertemuan dan pelatihan pada bidang olahraga, pertemuan dan diskusi seputar teknologi pendidikan, serta mengupayakan mentoring untuk persiapan salah satunya pada persiapan Duta FKIP yang sedang berlangsung. Sharing informasi seputar perlombaan, dan masih ada beberapa plan lagi untuk kedepannya seputar diskusi diskusi maupun pelatihan dalam bidang teknologi pendidikan maupun bidang olahraga. tentunya kita akan mendata dan terus berusaha menjalurkan semaksimal mungkin untuk penghargaan dan apresiasi serta motivasi.” tambah wanitia 20 tahun ini.

Selain itu, M. Rizal selaku perwakilan komunitas media pembelajaran bahwa yang ia lakukan selama ini adalah selalu menyajikan informasi perlombaan dan mengajak rekan-rekan yang lain untuk berpartisipasi. “Hal yang selama ini saya lakukan adalah menyebarkan informasi lomba media pembelajaran di dalam grup komunitas media pembelajaran. Setelah itu biasanya kami berkumpul dan berdiskusi untuk membahas lomba tersebut hingga sampai proses pengembangan media dan pendaftaran lomba. Alhamdulillah dari 5 prestasi di minggu ini, 4 diantaranya dari cabang lomba media pembelajaran. Kami tentu bersyukur dengan hasil yang baik dan membanggakan ini. Kedepan masih ada sekitar 5 sampai 7 lomba media pembelajaran yang akan kami ikuti, beberapa sudah didaftarkan dan tinggal menunggu pengumuman saja. Mohon doa dari seluruh warga ULM untuk komunitas media pembelajaran dari HIMA TEKPEND FKIP ULM. Semoga kami dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan IKU 2 kampus melalui berbagai kegiatan mahasiswa diluar kampus seperti prestasi yang dihasilkan.” ungkapnya.

Himpunan Mahasiswa Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Lambung Mangkurat (HIMA TEKPEND FKIP ULM) bersama Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP ULM tentunya selalu berkomitmen memberikan yang terbaik bagi fakultas dan kampus kita tercinta.