Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Tim Majelis Teknologi Pendidikan Juarai Lomba Media Pembelajaran Nasional EduTech Series Competition

Tim Majelis Teknologi Pendidikan Juarai Lomba Media Pembelajaran Nasional EduTech Series Competition
(Artikel ditulis oleh HIMA TEKPEND FKIP ULM)

Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat kembali meraih prestasi dalam bidang media pembelajaran tingkat nasional. Lomba Media Pembelajaran dalam rangka EduTech Series Competition Vol 1 yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Teknologi Pendidikan Se-Indonesia (IMATEPSI) ini diselenggarakan pada tanggal 19 s.d 20 Mei 2024 di Universitas Negeri Surabaya.

Tim Majelis Teknologi Pendidikan yang beranggotakan M. Rizal, Akhmad Fadhil Amara, Arif Rahman dan Muhammad Ihsan dari Universitas Lambung Mangkurat berhasil keluar sebagai Juara 1 Lomba Media Pembelajaran EduTech Series Competition Vol 1 mengungguli tim TPionir UNJ dari Universitas Negeri Jakarta sebagai juara kedua dan tim Jogja Jaya dari Universitas Negeri Yogya yang harus puas berada di posisi ketiga.

Media pembelajaran dengan judul Mitigasi dan Adaptasi Kebencanaan di Kalimantan Selatan yang dikembangkan oleh Tim Majelis Teknologi Pendidikan adalah media pembelajaran interaktif berbasis komputer untuk mata pelajaran Geografi Kelas XI SMA BAB 4 topik Mitigasi dan Adaptasi Kebencanaan. Ketua Tim Majelis Teknologi Pendidikan mengatakan bahwa dalam pengembangan media pembelajaran ini menggunakan beberapa aplikasi seperti articulate storyline, corel draw, adobe premiere dan adobe audition.

“Kami menggunakan aplikasi articulate storyline sebagai aplikasi utama pembuatan media pembelajaran ini. Sedangkan beberapa aplikasi pendukungnya corel draw, adobe premiere dan adobe audition. Dalam pembuatan media pembelajaran Mitigasi dan Adaptasi Kebencanaan di Kalimantan Selatan yang dikembangkan oleh tim Majelis Teknologi Pendidikan memerlukan waktu efektif selama lima hari saja, jika hanya membuat media pembelajarannya. Namun jika dilihat dari tahapan brainstorming hingga finishing memakan waktu sekitar sepuluh hari hari dari tanggal 4 Mei 2024 hingga tanggal 14 Mei 2024.” ungkapnya.

M. Rizal yang saat ini menempuh pendidikan di semester 8 itu juga merupakan mahasiswa berprestasi 3 Universitas Lambung Mangkurat tahun 2023 yang lalu. Sebelumnya ia pernah menjuarai beberapa lomba media pembelajaran nasional yakni Juara 2 Physics Star Universitas Jambi, Juara 3 Festival Pendidikan Universitas Sriwijaya, Juara 1 Educational Days Universitas Lambung Mangkurat dan Juara 1 Festival Pengembang Teknologi Pembelajaran Universitas Lambung Mangkurat. Selain dalam bidang media pembelajaran, mahasiswa yang aktif berorganisasi itu juga telah meraih lebih dari 25 prestasi nasional dan internasional dalam berbagai bidang seperti film pendek, fotografi, opini pendidikan dan lainnya.

“Beberapa kawan-kawan mungkin pernah ikut lomba media pembelajaran seperti Wildan Tamami dan Muhammad Ihsan, namun juga masih banyak yang belum berani mencoba. Itulah alasan saya mengajak beberapa rekan yang belum pernah ikut lomba untuk ikut serta dalam tim ini. Arif dan Fadhil telah belajar dan bekerjasama dengan baik sehingga kami bisa mendapatkan hasil terbaik dalam EduTech Series Competition kali ini. Semoga rekan mahasiswa yang lain juga punya semangat yang sama untuk terus belajar, berkarya dan berprestasi”. ungkapnya

Akhmad Fadhil Amara yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Teknologi Pendidikan FKIP ULM (HIMA TEKPEND FKIP ULM) mengaku bahwa ini merupakan pengalaman pertamanya dalam mengikuti lomba media pembelajaran. “Perasaan saya setelah menang lomba media pembelajaran pertama kali pastinya saya sangat excited karena merupakan hal baru mengikuti lomba media pembelajaran dan langsung diberikan kepercayaan untuk menjadi juara pertama. Ini pasti menjadi langkah awal saya untuk terus berkarya khususnya untuk prodi Teknologi Pendidikan saya tercinta” pungkasnya.

“Sebenarnya dalam materi pembelajaran yang ada dalam buku paket membahas terkait pengertian bencana, jenis bencana, sebaran bencana di Indonesia, mitigasi bencana dan adaptasi bencana. Namun kami tidak mengangkat semua materi tersebut ke dalam media pembelajaran yang kami kembangkan, karena pengembangan ini ditujukan untuk siswa SMA di Kalimantan Selatan maka dalam materi mitigasi dan adaptasi bencana kami fokus pada bencana yang ada di Kalimantan Selatan seperti kebanjiran, kekeringan, kebakaran lahan dan hutan. Inilah yang kami pahami terkait bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dilakukan, khususnya terkait konten atau materi pembelajarannya. Kami merasa bahwa siswa di Kalimantan Selatan tidak perlu memahami secara mendalam tentang bagaimana mitigasi dan adaptasi bencana Tsunami, karena memang di daerah kita hampir tidak pernah terjadi bencana tersebut. Namun di satu sisi mereka perlu memahami dengan komprehensif terkait bencana alam yang sering terjadi di daerahnya.” ungkap M. Rizal (Ketua Tim Majelis Teknologi Pendidikan).

Selain menggelar lomba media pembelajaran, Ikatan Mahasiswa Teknologi Pendidikan Se-Indonesia (IMATEPSI) melalui EduTech Series Competition Vol 1 juga menggelar lomba fotografi nasional dengan hasilnya Juara 1 diperoleh oleh Tomi Adi Muhnandar dari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Juara 2 diperoleh oleh Dzulkifli dari Universitas Sebelas Maret dan Rohimun Farhan dari Universitas Negeri Padang meraih Juara 3 dalam lomba fotografi nasional ini.

Ikatan Mahasiswa Teknologi Pendidikan Se-Indonesia (IMATEPSI) juga menggelar Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) ke-VIII yang membahas terkait evaluasi kepengurusan, rekomendasi perubahan PD/PRT, laporan progres program kerja masing-masing deputi, reshuffle dan promosi pengurus, serta pemilihan tuan rumah Kongres IMATEPSI ke-IX yang akan dilaksanakan pada tahun 2025 mendatang. Menariknya dalam kegiatan RAKORNAS kali ini juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan yang diselenggarakan oleh tuan rumah yakni HMP TP UNESA. Dua cabang lomba yang diselenggarakan yakni poster competition dan essay competition. Sedangkan IMATEPSI sendiri juga menggelar EduTech Series Competition Vol 1 yang terdiri dari lomba media pembelajaran dan lomba fotografi tingkat nasional.

EduTech Series Competition sendiri merupakan salah satu program kerja Deputi PSDM IMATEPSI periode 2022 s.d 2025 yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Teknologi Pendidikan melalui kegiatan lomba series yang diselenggarakan 4 bulan sekali sebanyak 4 kali penyelenggaraan dengan berbagai cabang lomba yaitu poster, fotografi dan media pembelajaran. Koordinator EduTech Series Competition Vol 1, Muhammad Aldi memaparkan bahwa tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan minat dan kemampuan mahasiswa, khususnya pada bidang teknologi pendidikan “Alasan adanya kegiatan Edutech Series Competition adalah untuk meningkatkan minat dan kemampuan mahasiswa dalam bidang teknologi pendidikan, memfasilitasi pengembangan keterampilan digital, dan mempromosikan inovasi di kalangan pelajar. Kompetisi ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengapresiasi talenta-talenta muda yang berpotensi di bidang teknologi.” pungkasnya.

Diketahui bahwa EduTech Series Competition Vol berikutnya akan diselenggarakan pada bulan Agustus mendatang dengan cabang lomba poster. “Kedepannya, sangat mungkin akan ada kegiatan serupa mengingat pentingnya teknologi dalam pendidikan dan respon positif dari peserta serta institusi terkait. Cabang lomba yang diselenggarakan akan mencakup bidang teknologi pendidikan yang lebih luas. Insyaallah dibulan Agustus akan kembali kita selenggarakan EduTech Series Competition Vol 2 untuk cabang lomba poster. Silahkan tunggu informasinya melalui instagram resmi IMATEPSI.” ungkap anggota deputi PSDM IMATEPSI tersebut.

Dalam kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) ke-VIII ini juga mengangkat beberapa delegasi Himpunan Mahasiswa Teknologi Pendidikan FKIP ULM (HIMA TEKPEND FKIP ULM) sebagai pengurus pusat Ikatan Mahasiswa Teknologi Pendidikan Se-Indonesia (IMATEPSI).

  1. Rizal sebagai Koordinator Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia
  2. Akhmad Fadhil Amara sebagai Ketua Forum Komunikasi Ketua Himpunan TP se Indonesia
  3. Muhammad Fajrian sebagai Anggota Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia
  4. Arif Rahman sebagai Anggota Deputi Hubungan Masyarakat
  5. Muhammad Ihsan sebagai Anggota Deputi Hubungan Masyarakat

Melalui Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) ke-VIII Ikatan Mahasiswa Teknologi Pendidikan Se-Indonesia (IMATEPSI) dan EduTech Series Competition ini kita dapat belajar bahwa mahasiswa Teknologi Pendidikan FKIP ULM mampu menjalankan organisasi, akademik dan prestasi secara beriringan dan saling melengkapi satu sama lain. Semoga dapat menjadi contoh yang baik bagi mahasiswa lainnya. Terima kasih telah mengharumkan nama Universitas Lambung Mangkurat dan berkontribusi dalam peningkatan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi, khususnya IKU 2 terkait Prestasi Mahasiswa.