Senin, 01 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Workshop Optimalisasi Pelayananan Pembimbingan Akademik Pada Dosen Penasehat Akademik di Lingkup Universitas Lambung Mangkurat

Workshop Optimalisasi Pelayananan Pembimbingan Akademik Pada Dosen Penasehat Akademik di Lingkup Universitas Lambung Mangkurat

Banjarmasin – Unit Penunjang Akademik Bimbingan Konseling Universitas Lambung Mangkurat (UPA BK ULM) Mengadakan workshop optimalisasi pelayanan pembimbingan akademik pada dosen penasehat akademik di lingkungan kerja Universitas Lambung Mangkurat pada Selasa, 27 Februari 2024 di Lecture Theater Pascasarjana. Acara ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKIP, Dr. Ali Rachman, M.Pd. , Dr. Ririanti Rachmayanie Jamain, S.Psi selaku Kepala UPA BK, dan Ketua Ikatan Bimbingan Konseling Perguruan Tinggi ( IBKPT) Dr. Dodi Hartanto, M.Pd.

Dr. Sulistiyana, S.Pd., M.Pd. Selaku Ketua Pelaksana menyampaikan bahwakegiatan ini merupakan salah suatu program dari UPA BK ULM melihat dari maraknya fenomena mahasiswa yang mendaftarkan diri untuk berkonsultasi pada UPA BK di SIMARI. “dari banyaknya permohonan konsultasi ini lah sehingga kami menindak lanjutinya dengan mengadakan workshop optimalisasi pelayanan pembimbingan akademik  akademik pada dosen penasehat hari ini” ucap Dr. Sulistiyana. UPA ULM berharap dengan adanya kegiatan workshop ini sebagai upaya dalam bentuk optimalisasi kita dalam memberikan layanan pembimbingan akademik pada mahasiswa karena mahasiswa kita membutuhkan dosen PA-nya tidak hanya pada masa pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) namun juga pada bidang dan permasalahan lainnya. Jika nanti ada hal-hal yang tidak bisa ditangani maka bisa di layani oleh UPA BK dnegan mendaftarkan diri mereka di SIMARI.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKIP, Dr. Ali Rachman, mengatakan pada sambutannya bahwa fenomena mahasiswa yang konsultasi di SIMARI beberapa konsultasi tersebut bersifat sangat rahasia, ada juga terjadi miskomunikasi ketika mahasiswa yang ingin konsultasi lewat SIMARI dan sudah dibalas oleh admin untuk penjadwalan kosnultasi namun mahasiswa tersebut tidak membuka email. Semoga dengan adanya workshop ini dapat memaksimalkan kegiatan kegiatan yang ada di ULM dan menghindari mahasiswa curhat di luar atau bahkan sampai ke media sosial.

Kegiatan workshop ini dipandu oleh Dedy Ari Nugroho,M.Pd. sebagai moderator dengan materi pertama yaitu Penguatan Layanan Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi yang disampaikan oleh Dr.  Ririanti Rachmayanie Jamain, S.Psi dan materi kedua akan disampaikan oleh Dr. Dodi Hartanto, M.Pd. dan akan dilanjutkan dengan sesi praktik dan diskusi.