Senin, 29 April 2024
Perguruan Tinggi

Prodi Doktor Administrasi Publik FISIP UMJ Raih Akreditasi Baik Sekali

Prodi Doktor Administrasi Publik FISIP UMJ Raih Akreditasi Baik Sekali

Program Studi Doktor Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) meraih akreditasi Baik Sekali, Rabu (20/03/2024). Pengumuman  itu diterima bersamaan dengan diterbitkannya Surat Keputusan BAN-PT No: 897/SK/BAN-PT/Ak/D/III/2024.

Baca juga : Prodi Administrasi Publik FISIP UMJ Raih Akreditasi Unggul

Menanggapi hal itu, Dekan FISIP UMJ Prof. Dr. Evi Satispi, M.Si., berharap Prodi Doktor Administrasi Publik dalam dua tahun ke depan dapat meningkatkan capaiannya menjadi Unggul. Beberapa strategi yang diupayakan, dijelaskan Evi, di antaranya mendorong ketepatan waktu kelulusan mahasiswa, dan publikasi karya mahasiswa baik dalam bentuk prosiding maupun buku.

Selain itu, pihak fakultas dan prodi juga mengupayakan peningkatan dan perluasan kerja sama internasional, publikasi karya dosen dalam jurnal terindeks Scopus, pelibatan mahasiswa dalam penelitian internal dan eksternal, serta menghadirkan dosen dari luar negeri sebagai comparative study.

Hal senada juga disampaikan Ketua Prodi Administrasi Publik Prof. Dr. Azhari Aziz Samudra, M.Si. Ia sangat berharap Prodi Doktor Administrasi Publik akan mencapai Unggul pada akreditasi selanjutnya. Menurutnya, pendirian Prodi Doktor Administrasi Publik pada September 2022 telah melalui proses perencanaan yang matang didukung oleh pihak universitas dan fakultas.

Oleh karenanya untuk melaksanakan strategi sebagaimana dijelaskan Dekan FISIP, melalui program dan kurikulum yang disusun, mahasiswa Prodi Doktor Administrasi Publik yang kini berjumlah 12 orang diarahkan menyelesaikan studi setidaknya pada semester 6 atau 7.

Upaya tersebut, tambah Azhari, juga merupakan dukungan UMJ terhadap program 5000 Doktor yang digagas PP Muhammadiyah. Berkaitan dengan itu pula, Azhari menjelaskan bahwa keinginan untuk mencapai akreditasi Unggul juga didukung oleh PTMA (Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah) seluruh Indonesia yang bekerja sama dalam menyalurkan calon mahasiswa.

“Prodi Doktor Administrasi Publik FISIP UMJ ini satu-satunya di PTMA sehingga kami dari Prodi Doktor dalam bidang apa pun bekerja sama menyalurkan dosen-dosen untuk melanjutkan studi,” ungkapnya.

Selain kerja sama dengan PTMA, Prodi Doktor Administrasi Publik juga banyak melakukan kerja sama internasional. Beberapa program kerja sama yang telah dilakukan di antaranya riset bersama Nara University yang difasilitasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Jepang tentang masa depan perkeretaapian Indonesia menurut pandangan konsep Jepang.

Selain Jepang, Prodi Doktor Administrasi Publik juga menjalin kerja sama dengan Ajeenkya DY Patil University India dan UUM (Universiti Utara Malaysia). Terbaru, Prodi Doktor Administrasi Publik juga belum lama menerima kunjungan penjajakan kerja sama dari Inha University Korea Selatan.

“Semoga selanjutnya Prodi Doktor Administrasi Publik FISIP UMJ dapat meraih Unggul maka semua pihak baik dosen maupun mahasiswa harus selaraskan langkah. Tidak hanya akreditasi nasional, harapannya juga bisa akreditasi internasional,” ungkap Azhari.

Editor : Dian Fauzalia