Kamis, 09 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Tahun 2021

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Tahun 2021

Akhir tahun merupakan agenda tahunan untuk Penilaian Kinerja Kepala Sekolah atau yang disingkat PKKS.

PKKS merupakan kegiatan rutinitas tahunan untuk menilai Kinerja dari Kepala Sekolah, karena Kepala Sekolah yang professional dapat merumuskan sebuah mutu lulusan dari sekolah yang dipimpinnya.

Penilaian seorang Kepala Sekolah dilakukan oleh pengawas dengan menggali informasi dari pihak-pihak (bawahan, guru dan tenaga kependidikan, mitra kerja, komite sekolah, dan atasan) pengawas sekolah yang mengetahui perilaku dan kinerja Kepala Sekolah dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

PKKS dilaksanakan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi pada sekolah yang dipimpin.

PKKS Tahun 2021 dilakukan pada hari Selasa, 30 November 2021 dimulai pukul 08.00 – 12.00 WIB yang berlangsung di Aula Pertemuan Bundo SMKN 2 Pariaman, Jalan Syam Ratulangi No.11 Kampung Baru Kota Pariaman.

Sepanjang acara dipandu oleh MC yaitu Bunda Elza Wisnasuharti sebagai Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan.

Selanjutnya salam pembukaan oleh Kepala Sekolah SMKN 2 Pariaman Bundo Arrahmi yang menjelaskan sedikit tentang PKKS kepada peserta yang terdiri dari: Guru, Pegawai Tata Usaha, Orang tua siswa dan juga siswa SMKN 2 Pariaman.

Lalu sepatah kata yang disampaikan oleh Komite SMKN 2 Pariaman yaitu Bapak Priyaldi dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an

Penyampaian materi tentang PKKS disampaikan oleh ibuk Nurlaima sebagai Tim Penilai dilanjut dengan pembacaan doa juga pengisian quesioner yang dilakukan oleh peserta kegiatan dan acara akhir yaitu penilaian kelengkapan dokumen yang dilakukan oleh tim penilai kepada kepala sekolah yang dibantu oleh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, humas, kurikulum, sarana dan prasarana dan beberapa kepala jurusan yang ada di SMKN 2 Pariaman

Kegiatan PKKS selesai pada siang hari, dalam kegiatan PKKS kali ini diharapkan nilai yang terbaik dari yang terbaik yang akan didapatkan oleh kepala sekolah dan juga untuk sekolah.