Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UAD Gelar Aksi Bela Palestina

UAD Gelar Aksi Bela Palestina

Rektor UAD, Prof. Dr. Muchlas, M.T. membacakan 10 pernyataan sikap Forum Rektor PTMA dalam Aksi Bela Palestina di UAD (Dok. Humas dan Protokol UAD)

Pada 7 Mei 2024, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar aksi bela Palestina yang diadakan secara serentak pada pukul 10.00 WIB bersama seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) di Indonesia. Aksi ini diinisiasi oleh Forum Rektor PTMA dan digelar di Aula Masjid Islamic Center UAD.

Aksi ini dihadiri oleh pimpinan dan pejabat struktural UAD, dosen, staf, awak media, dan mahasiswa. Prof. Dr. Muchlas, M.T. selaku Rektor UAD turut membacakan 10 pernyataan sikap Forum Rektor PTMA dalam aksi bela Palestina yang di antaranya, UAD dan seluruh PTMA mengecam keras tindakan genosida yang terjadi di Palestina oleh Israel. Ia juga meminta kepada Pemerintah Indonesia untuk tidak membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

Usai pembacaan pernyataan sikap, aksi dilanjutkan dengan pembacaan orasi oleh Dr. Immawan Wahyudi, M.H. yang tak lupa berpesan kepada seluruh awak media untuk tetap kritis dalam menyikapi persoalan genosida di Palestina. “Pembicaraan dalam umat Islam Indonesia seharusnya tidak hanya seputar tafsir dan ibadah, tetapi juga harus dikonsentrasikan pada kemerdekaan Palestina agar tidak terus-menerus dijajah oleh kekejaman Zionis Israel,” ucapnya.

Tidak hanya rektor dan sivitas akademika yang menyampaikan pernyataan, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UAD, Rendy Harsono yang mewakili para mahasiswa juga turut menyampaikan orasinya.

Aksi bela Palestina pagi itu ditutup dengan teriakan “Palestina Merdeka” dengan harapkan dapat turut menyuarakan kemerdekaan Palestina dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar tidak lupa dengan kekejaman yang terjadi di Palestina. (hani)

uad.ac.id