Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

DKV UPH Gelar Pameran ‘Everything for Children’ 2024, Hadirkan Karya Ilustrator dari 21 Negara

DKV UPH Gelar Pameran ‘Everything for Children’ 2024, Hadirkan Karya Ilustrator dari 21 Negara

Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Pelita Harapan (UPH) menyelenggarakan pameran bertajuk ‘Everything for Children’, 16 April-17 Mei 2024. Pameran ‘Everything for Children’ tahun ini adalah pameran internasional yang diselenggarakan oleh konsentrasi Ilustrasi DKV UPH. Pameran ini diselenggarakan oleh International Illustrator Network (IIN), organisasi yang dibentuk dan diprakarsai oleh konsentrasi ilustrasi DKV UPH. IIN hadir dengan tujuan untuk membuat jaringan antar ilustrator seluruh dunia. 

Karya ilustrasi yang dipamerkan dalam ‘Everything for Children’ berjumlah 59 karya dan berasal dari 21 negara di 5 benua, yakni Argentina; Canada; Egypt; Hungary; Indonesia; India; Iran; Japan; Mexico; Namibia; Nigeria; Philippines; Poland; Russian; Srilanka; Thailand; United Kingdom; Ukraine; USA; Uzbekistan; Vietnam. Karya-karya yang dipamerkan menampilkan konsep ilustrasi yang menghidupkan dunia imajinasi anak-anak, seperti makhluk ajaib atau benda-benda unik yang kerap ada pada dunia fantasi anak-anak. 

Donny Ibrahim, S.Sn., M. Ikom., selaku Ketua Panitia Pameran ‘Everything for Children’, mengungkapkan bahwa tujuan utama dari acara ini adalah untuk memperkenalkan konsentrasi Ilustrasi kepada masyarakat Indonesia dan internasional, serta mengajak para ilustrator untuk berkarya pada level internasional.  

“Lewat pameran ini kami ingin memperkenalkan konsentrasi ilustrasi di Program Studi (Prodi) DKV UPH kepada masyarakat Indonesia dan internasional. Selain itu kami juga ingin memperkenalkan profesi ‘illustrator’ kepada mahasiswa dan calon mahasiswa DKV UPH yang belum memahami konsentrasi ini,” ujar Donny. 

Lebih dari itu, ia juga berharap dapat mengajak mahasiswa, dosen ilustrasi, dan profesional ilustrator untuk berkarya pada level internasional sehingga mereka dapat belajar dan melihat perkembangan ilustrasi terkini di dunia serta membangun jaringan antar illustrator. 

Fidelia Antoni, salah satu mahasiswi DKV UPH angkatan 2022 yang karyanya juga ditampilkan dalam pameran ini mengungkapkan, bahwa ia merasa antusias dan bersyukur bisa melihat karyanya bisa ditampilkan bersama dengan karya para seniman dari seluruh dunia. Melalui pameran ini, ia berharap dapat menemukan inspirasi baru untuk karya-karyanya di masa depan juga semakin terhubung dengan komunitas seni. 

“Saya merasa antusias dan bersyukur bisa melihat karya saya sendiri ditampilkan, dan melihat karya-karya berbagai seniman dari seluruh dunia yang bisa menjadi sumber inspirasi yang besar bagi saya, karena dapat memicu pemikiran kreatif yang baru. Saya juga berharap dengan adanya pameran ilustrasi ini, saya dan teman-teman yang mengunjungi mungkin dapat menemukan inspirasi baru, terhubung dengan komunitas seni, mengapresiasi nilai estetika dan naratif dalam karya seni, menemukan seniman-seniman baru, dan tumbuh secara pribadi dan profesional melalui pengalaman yang diperoleh dari pameran ini,” ungkap Fidelia. 

Turut meresmikan pameran ini, Dr. Martin Luqman Katoppo, S.T., M.T., selaku Dekan Fakultas Desain UPH menyampaikan respons positif atas terselenggaranya pameran ini. Ia menyampaikan, “Tentunya kami berharap dengan diselenggarakannya pameran ini bisa lebih memperkenalkan profesi ilustrator yang semakin berkembang dan diminati di Indonesia dan dunia. Profesi Ilustrator ke depannya akan sangat dibutuhkan di industri manapun, seperti industri film, animasi, game desain, advertising, atau membuat karya seni komersial. Kami berharap, pameran ini dapat direspons dengan baik oleh masyarakat dan nantinya menjadi kemajuan untuk DKV UPH ke depannya,” kata Martin. 

Melalui kegiatan pameran ini, mahasiswa DKV UPH mendapatkan kesempatan untuk menerapkan ilmu yang telah didapatkan selama berkuliah. UPH berkomitmen mendorong mahasiswanya untuk mengasah keterampilan melalui partisipasi dalam pameran, kompetisi, dan kegiatan seni lainnya. Melalui pendidikan di UPH, mahasiswa UPH dipersiapkan menjadi pemimpin masa depan yang takut akan Tuhan, berdampak positif, profesional, dan kompeten. 

 

Tentang Program Studi DKV UPH 

DKV UPH membekali mahasiswa dengan pemahaman bahasa visual sebagai sarana komunikasi dan solusi terhadap permasalahan desain. Proses belajar dan pengembangan keahlian dilakukan sedemikian rupa sehingga mahasiswa mendapatkan pendidikan terpadu yang menyentuh berbagai aspek seperti seni rupa, desain, ilmu sosial, teknologi, etika, dan budaya. DKV UPH tersedia dalam empat bidang peminatan yaitu Desain Grafis, Sinematografi, Desain Animasi, dan Ilustrasi.